in: News | February 14, 2014 | by: Ozal

Samsung Ancam Banding Bila Mediasi ke Apple Gagal

Samsung Apple

Vendor smartphone nomor satu dunia, Samsung Electronics, kini sedang dalam upaya menjajaki perdamaian dengan Apple setelah lebih dari dua tahun bertempur di persidangan paten. Terakhir, Pengadilan AS memerintahkan Samsung agar membayar denda US$ 930 juta ke Apple atas pelanggaran paten. Bila seandainya mediasi terbaru terhadap Apple itu menemui kegagalan, maka Samsung mengancam akan mengajukan banding setelah diperintahkan Pengandilan AS untuk membayar denda.

“Samsung berencana untuk mengajukan banding ke Pengadilan AS jika pembicaraan media bersama Hakim Koh ternyata gagal,” kata seorang sumber anonim yang mengetahui masalah tersebut, seperti dilansir dari Korea Times. “Kedua perusahaan masih berjuang mempersempit perbedaan mereka-pertempuran hukum dapat terus berlanjut,” ujar sumber lainnya. Pihak Samsung pun menolak berkomentar terkait rencana ini.

Sebelumnya, Samsung dan Apple telah menyetujui untuk melakukan pembicaraan negoisasi sebelum 19 Februari mendatang. Pembicaraan tersebut nantinya dihadiri oleh co-CEO Samsung Shin Jong-kyun dan CEO Apple Tim Cook serta dipimpin langsung oleh Lucy Koh, seseorang hakim di pengadilan distrik AS yang telah lama memimpin persidangan paten antara Samsung dan Apple.

“Menurut saya, Hakim Koh akan memutuskannya setelah 19 Februari setelah upaya mediasi usai. Dan itu tidak akan mengecewakan Samsung. Samsung bersiap untuk mengakhiri litigasi paten melalui lisensi silang jika kondisi terpenuhi,” ujang Florian Mueller, seorang ahli paten dari Jerman.

Pembicaraan mediasi ini bukan kali pertama terjadi di antara keduanya. Sebelumnya, Apple pernah meminta Samsung agar menandatangani “perjanjian anti-kloning” walau akhirnya ditolak oleh Samsung. Pasalnya, bila seandainya Samsung menandatangani perjanjian tersebut, ini artinya Samsung mengakui selama ini pihaknya telah mengkloning sejumlah paten atau fitur milik Apple.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES