in: News - Popular Science | February 27, 2014 | by: Friska Suryawinata

Teknologi Theranos Memungkinkan Setetes Darah Digunakan untuk Lebih dari 100 Tes Lab

ff_holmes_f

Untuk melakukan sebuah tes darah, maka pemeriksa butuh untuk mendapatkan sejumlah darah dengan kadar tertentu. Namun terkadang ada saatnya ketika pasien tidak mampu untuk memberikan darah untuk dites karena beragam alasan, dan hal ini tentunya dapat menghambat proses pemeriksaan dan tes pasien.

Elizabeth Holmes, pemrakarsa perusahaan Theranos, merasa bahwa pengambilan darah dengan jumlah yang lebih dari cukup tersebut sudah mulai kuno. Hal ini yang membuatnya termotivasi untuk menemukan bahwa setetes darah saja sudah cukup untuk bisa melakukan beragam tes lab hingga 100 buah tes. Dimulai dari tes kolesterol hingga analisis genetik.

Tes darah dari Theranos ini menggunakan Nanotainer yang menampung jumlah darah sangat sedikit dengan tinggi hanya sekitar 1,29 cm saja. Teknologi untuk melakukan tes darah tanpa perlu mengambil darah dalam jumlah banyak ini tetap mampu memberikan hasil lab yang akurat dan tentu saja lebih murah ketimbang tes darah pada umumnya. Selain itu, teknologi tes yang dimiliki oleh Theranos ini juga mampu memberikan hasil tes darah yang juga cukup cepat tanpa harus menunggu terlalu lama, yaitu sekitar 4 jam.

Pengembangan teknologi tes darah yang jauh lebih efisien ini membuat pencegahan akan gejala penyakit bisa diatasi lebih cepat pula, disertai dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Theranos sendiri memberikan beberapa daftar harga tes yang mereka ajukan dengan teknologi ini, dengan kisaran harga dimulai US$ 2 per tes. Namun sayangnya, teknologi ini baru dimulai untuk bagian Amerika Serikat saja untuk saat ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES