in: News | March 24, 2014 | by: Ozal

Apple Berhasil Dapatkan Paten iStylus

Pernah terlintas di benak Anda, sebuah Stylus Pen Samsung yang bekerja optimal di Galaxy Note juga hadir di perangkat iPad? Tenang, Apple bakal segera menghadirkannya. Paten sebuah perangkat stylus yang telah lama diajukan Apple, kini resmi disetujui oleh lembaga paten U.S. Patent and Trademark Office (USPTO).

Apple

Tidak seperti stylus pada umumnya, Apple menghadirkan teknologi pen dengan sensor dan ujung pen yang bisa diatur panjang-pendek dan besar-kecilnya. Hal ini memungkinkan stylus menjadi sebuah alat yang nyata, layaknya pena, kuas, maupun pensil saat digunakan untuk menulis dan menggambar di iPad.

Pengguna hanya tinggal menekan sebuah tombol, mouse, joystick, atau trackball di stylus untuk mengkonfigurasikan ukuran ujung stylus. Pen itu sendiri kemungkinan bisa terbuat dari logam, rubber atau karet, polyster, hingga fiber optic. Pemilihan bahan material maupun bentuk tombol inipun masih dalam bentuk konsep.

apple 2

Selain itu, seperti dikutip dari dokumen yang diterbitkan USPTO, stylus tersebut dilengkapi sejumlah sensor canggih yang juga ada di smartphone. Itu mencakup sensor accelerometer, pendeteksi gerakan tangan pengguna (gyroscope), dan sensor pengenalan cahaya sekitar.

Dua sensor gerakan sendiri membantu pengguna mengatur sudut kemiringan stylus. Itu meniru gerakan yang ada pena biasa. Yang canggih ialah sensor cahaya. Pengguna bisa mengambil contoh warna apa saja di sekitarnya, lalu dipakai untuk mewarnai lukisan digital di iPad. Sensor tersebut juga bisa membaca informasi cahaya dari layar ipad, termasuk mengkalibrasi warna layarnya.

Untuk diketahui, paten teknologi canggih ini sendiri pertama kali diajukan pada 14 September 2012 silam oleh sang penemu bernama Joel S. Armstrong-Muntner. Dia merupakan peneliti di Apple. Akhirnya pada 20 maret 2014 kemarin, aplikasi paten bernama “Input Device Having Extendable Nib” tersebut resmi disetujui.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES