in: News | March 10, 2014 | by: Ozal

Download Konten Bajakan di Filipina Bisa Dipenjara!

Jangan coba-coba mengunduh (download) game dan film bajakan di Filipina bila tidak mau dipenjara. Peraturan Cyber Law yang dibuat Pemerintah Filipina sudah resmi dicanangkan pada Februari lalu. Pemerintah Filipina tampaknya begitu serius menghargai hak cipta pembuat konten digital di negaranya.

download 2

Saat ini, pengguna internet di Filipina yang kedapatan membeli maupun mengunduh konten ilegal di perangkat komputer atau smartphone-nya, termasuk video, musik, dan game bakal dijatuhi hukuman penjara. Apesnya lagi, pelanggar juga akan dikenai sanksi berupa denda.

Seperti dikutip dari Tech in Asia, pelanggar akan dijatuhi sanksi denda dari Php (mata uang Filipina) 200.000 (Rp 52 juta) hingga Php 500.000 (129 juta) plus dipenjara selama enam hingga 20 tahun. Bahkan, parlemen Filipina tengah menggodok peraturan baru guna menjatuhi hukuman lebih berat lagi bagi pengunduh ilegal di negaranya.

Belum lama ini, Pemerintah Filipina juga sudah memblokir akses ke website penyedia file torrent, KickAss Torrent. Langkah serupa akan segera disusul ke sejumlah website yang memudahkan pengguna mendapatkan konten digital ilegal lainnya, termasuk membuat peraturan hukum sejenis.

Kebijakan yang hampir serupa ini juga akan diterapkan di Australia . Namun, pengunduh ilegal tidak sampai dipenjara maupun didenda. Pemerintahan Australia berencana, memberlakukan ancaman berupa pemblokiran akun pelanggar internet secara sementara untuk mengakses internet, bila tetap membandel mengunduh konten ilegal.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Pelarangan mengunduh konten bajakan masih lah sebatas himbauan dan peraturannya memang belum “segalak” di Pemerintah Filipina maupun Australia. Hanya saja saat ini, pemerintah di Tanah Air masih fokus dalam hal pemblokiran website berkonten negatif, seperti pornografi.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES