in: Networking | March 24, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review D-Link DIR-868L: Router Wireless AC Berbentuk Unik

Perangkat router yang mendukung standar Wireless AC kembali hadir di kantor Jagat Review! Menyusul kedatangan router Wireless AC dari Asus dan Linksys yang sebelumnya sudah pernah unjuk kebolehan, sebuah router dari D-Link, DIR-868L, datang untuk menunjukkan kemampuannya!

D-Link-DIR868L-(4)

Router ini, sama seperti beberapa router dari D-Link keluaran terbaru lain, memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu menyerupai sebuah tabung. D-Link tampaknya ingin produk mereka terlihat berbeda dengan produk-produk router merek-merek lain yang memiliki bentuk “standar”. Apakah selain bentuknya yang unik router ini juga menyimpan kemampuan unik lain? Kami akan coba membahasnya dalam artikel berikut ini!

Paket Penjualan

Unit D-Link DIR-868L yang hadir di kantor kami disertai dengan paket penjualannya yang dikemas dalam sebuah boks berwarna kombinasi hitam-putih. Di dalam kemasan tersebut, terdapat beberapa perlengkapan pendukung untuk perangkat router ini, yaitu:

  • Adapter daya
    D-Link DIR868L (20)
  • Kabel Ethernet
    D-Link DIR868L (9)
  • Quick Installation Guide

Paket penjualan dari perangkat ini memang terkesan minimalis. Namun, secara umum, memang hanya barang-barang itulah yang diperlukan untuk mendukung operasional perangkat router ini.

D-Link DIR-868L

DIR868LA1ImageLSideRight

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, D-Link DIR-868L ini memiliki bentuk tabung serupa dengan beberapa produk lain dari merek yang sama. Bentuk tersebut menurut kami membawa kelebihan dan kekurangan tersendiri untuk router yang satu ini. Salah satu kelebihan dari bentuk tabung ini, selain terlihat berbeda dengan router lain, adalah panas yang dihasilkan router ini tidak akan langsung terasa dari sisi-sisi router karena D-Link menempatkan board dari router ini di bagian tengah tabung secara melintang.

D-Link DIR868L (30)
Penampang bagian atas perangkat. Nama DIR-868L terlihat jelas di bagian ini.

Satu hal yang cukup disayangkan, menurut pengamatan kami, bentuk dari router ini sebenarnya memungkinkan D-Link untuk menempatkan sebuah kipas untuk membantu membuang panas dari perangkat ini. Sayangnya, mereka ternyata tidak melakukan hal tersebut. Untungnya, berdasarkan pengukuran yang kami lakukan di sisi dalam perangkat ini dengan menggunakan thermal probe, perangkat ini memang tidak menghasilkan panas tinggi sekalipun ketika kami menggunakannya untuk menjembatani lalu lintas data dalam jumlah besar.

D-Link DIR868L (47)

Untuk mendukung fungsinya sebagai sebuah router, D-Link melengkapi perangkat ini dengan beberapa port konektivitas, yaitu:

  • 1 port Ethernet WAN
  • 4 port Ethernet LAN
  • 1 port USB 3.0
  • 1 port daya
D-Link DIR868L (48)
Tombol reset di bagian bawah perangkat.

Sedangkan untuk tombol pendukung operasional, di sekujur badan perangkat ini terdapat 3 tombol, yaitu tombol power dan tombol WPS di bagian belakang, serta tombol reset di bagian bawah. Namun, untuk lampu indikator, perangkat ini benar-benar minimalis dengan hanya 2 lampu indikator, masing-masing untuk power dan Internet yang terletak di bagian depan.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES