in: Networking | March 26, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Interview dengan TP-Link: Siap Bersaing dengan Berbagai Produk Andalan Baru!

Nama TP-Link tentunya sudah tidak asing lagi di telinga pengguna komputer dan gadget di Indonesia. Produk dari perusahaan asal China yang memiliki fokus utama di bidang networking ini bisa dikatakan cukup populer di Indonesia. Harga yang terjangkau dan juga kemudahan dalam mencari produk dari brand ini membuat perkembangan pasar mereka cukup cepat di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, kami mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara online dengan pihak TP-Link. Tentu saja, kami tidak melewatkan kesempatan tersebut dan mencoba menggali beberapa informasi terkait produk andalan baru dari perusahaan tersebut. Kami akan coba mengulas hasil wawancara kami dengan Robert Hu, General Manager TPLink Indonesia dalam artikel berikut ini!

Robert Hu, General Manager TPLink Indonesia
Robert Hu, General Manager TPLink Indonesia

Rangkaian Produk Baru untuk Memperkuat Posisi di Pasar Perangkat Jaringan

Era Wireless AC, standar baru yang menawarkan berbagai keunggulan untuk Wireless Network, sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Hal itu dibuktikan dengan mulai banyaknya perangkat router, wireless access point, dan wireless range extender maupun berbagai gadget dan komponen komputer yang mendukung standar penerus Wireless N tersebut. TP-Link, sebagai salah satu pemain besar di dunia perangkat networking, tentu saja juga telah menyiapkan berbagai perangkat kreasi mereka yang mendukung standar tersebut.

Produk andakan TP-Link untuk Wireless AC, Archer C7, sejak beberapa waktu lalu sudah bisa ditemukan di Indonesia. Produk tersebut, menurut pihak TP-Link, berhasil mendapatkan sambutan positif dari kalangan penggunanya. Selain itu, untuk memberikan variasi produk yang lebih banyak, TP-Link menyebutkan bahwa mereka lah siap memperkenalkan sebuah router Wireless AC baru yang disebut sebagai Archer C2. Produk yang akan mengusung desain baru tersebut akan menjadi alternatif router murah untuk Wireless AC yang tetap dilengkapi dengan berbagai ciri khas TP-Link yang sudah dikenal selama ini. Produk tersebut dikabarkan akan siap dipasarkan di kuartal kedua tahun 2014 ini.

Archer C2
Archer C2

TP-Link juga menyiapkan produk Wireless AC dengan data rate total hingga 1900 Mbps, yaitu Archer C9. Produk tersebut akan diposisikan di kelas yang lebih tinggi dari Archer C7 karena memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya tersebut.

Tidak hanya wireless router standar, TP-Link juga tengah menyiapkan produk lain yang mendukung Wireless AC, seperti MiFi 3G/4G yang juga telah mendukung standar wireless network baru tersebut. Salah satu produk MiFi baru tersebut, selain mengusung Wireless AC, akan mendukung standar LTE Cat. 6 untuk koneksi broadband Internet.

Terkait produk MiFi/portable router lain yang telah diluncurkan oleh TP-Link, selain mengikuti standar terbaru seperti 4G dan Wireless AC, terdapat juga perangkat portable router dengan fungsi power bank. Perangkat tersebut adalah TP-Link M5360. Portable router tersebut memiliki baterai 5200 mAh yang dapat digunakan untuk mengisi daya berbagai perangkat gadget penggunanya.

M5360
M5360

Standar lain yang akhir-akhir ini cukup banyak diadopsi oleh produsen perangkat networking adalah USB 3.0. Berbagai perangkat router yang dilengkapi port konektivitas berkemampuan transfer data kencang tersebut telah hadir di pasar Indonesia. TP-Link sendiri telah memiliki rencana untuk melengkapi beberapa produk baru mereka dengan standar tersebut. Salah satu produk yang akan menggunakan USB 3.0 tersebut adalah Archer C9 yang sudah sempat kami singgung di atas.

USB 3.0 juga akan digunakan TP-Link sebagai interface untuk produk Wireless Network USB adapter mereka. Archer T4U, produk Wireless Network USB adapter tersebut akan mendukung standar Wireless AC dengan data rate total 1200 Mbps. Produk tersebut tentunya akan menjadi padanan serasi untuk pengguna router Wireless AC TP-Link yang belum memiliki dukungan Wireless AC di PC mereka.

Archer T4U
Archer T4U

Untuk lini produk baru, TP-Link melihat adanya minat yang cukup besar untuk produk pendukung Wireless Display. Hal itu membuat mereka mencoba untuk melakukan riset perangkat baru yang mendukung standar tersebut. Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada informasi yang bisa dibagi terkait produk tersebut.

Hadir di Indonesia: Siap Memberikan Support yang Lebih Baik

Salah satu hal yang cukup sering dikeluhkan oleh pengguna produk TP-Link di Indonesia adalah lambatnya penanganan terhadap keluhan dan juga update firmware untuk mengatasi masalah yang sulit ditemukan. Menurut pihak TP-Link, hal itu sekarang bisa ditangani dengan lebih baik karena TP-Link sudah secara resmi hadir di Indonesia. Dengan adanya perwakilan resmi di Indonesia, TP-Link bisa lebih mudah mendengarkan masukan dari para pengguna di Indonesia terkait masalah pada perangkat ataupun hal-hal lain!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES