[PR] 18 Tim Lolos ke Semifinal Imagine Cup 2014 Indonesia

Reading time:
March 18, 2014
Foto ImagineCup2014

JAKARTA, 17 Maret 2014 – Kompetisi teknologi informasi paling bergengsi di seluruh dunia, Imagine Cup 2014 akan memasuki babak semi final untuk Indonesia. Sebanyak delapan belas tim telah dinyatakan lolos untuk memasuki babak semi final dan akan mempresentasikan hasil karya mereka di hadapan para juri pada tanggal 22 Maret 2014 mendatang.

Risman Adnan, Direktur Developer and Platform Group, Microsoft Indonesia menjelaskan bahwa kompetisi Imagine Cup telah menjadi bagian dari para pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia, hal tersebut terlihat dari antusiasme mereka untuk mengikuti kompetisi bergengsi ini.

“Sampai batas akhir pendaftaran pada tanggal 28 Februari 2014 lalu, tercatat secara keseluruhan 748 pelajar dan mahasiswa yang mendaftar dari seluruh Indonesia,” kata Risman.

Setelah melalui tahapan seleksi yang dilakukan oleh tim Microsoft Indonesia, telah terpilih 18 tim semi finalis, 6 tim dari masing-masing tiga kategori untuk mengikuti tahapan semi final yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 Maret 2014 besok di kantor Microsoft Indonesia, Jakarta.

“Pada babak semifinal nanti, kedelapan belas tim akan mempresentasikan karya aplikasinya yang minimal 70% harus sudah selesai. Tiap tim juga diharuskan mempresentasikan karya aplikasnya tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris tanpa menggunakan penerjemah” ungkap Risman

Dari babak semifinal tersebut akan dipilih tiga tim terbaik dari masing-masing kategori yang akan maju ke babak final Indonesia yang akan diselenggarakan pada 11 April 2014 mendatang. Pada tahun ini pemenang dari tiap negara, harus lolos babak World Semi-final terlebih dahulu sebelum masuk ke World Final.  Kompetisi World Semi-final sendiri dilakukan dengan cara tim-tim pemenang dari setiap negara mengirimkan video presentasi mereka pada tanggal 25 April 2014 mendatang.

Kedelapan belas tim yang maju ke babak semi final untuk mempresentasikan hasil karya aplikasinya adalah sebagai berkut. Untuk Kategori Games: Captain Octopus (Institut Teknologi Bandung), Junior Studio (Univeristas Trunojoyo Madura, Bangkalan), Monzee Digital (Institut Teknologi Bandung), New Eleven Del (Institut Teknologi Del, Toba Samosir), dan Raion Elite (Universitas Brawijaya, Malang).

Kategori Innovation: DDC (Universitas Sumatera Utara, Medan), IDE DELTA (Institut Teknologi Bandung), Madina Technologies (Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, Depok, dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta), Stairway Studio (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta), The Avatars (Universitas Gajah Mada, Yogyakarta), dan Wings Team (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya).

Kategori World Citizenship: DigiD2 (Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya), Dreambender (Telkom University, Bandung, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Bandung), Ganesia (Institut Teknologi Bandung), IndepenDel (Institut Teknologi Del, Toba Samosir), Luminestra (Institut Teknologi Bandung dan Telkom University, Bandung), Turangga (Telkom University, Bandung).

Beberapa aplikasi yang menarik dari para peserta yang lolos ke babak semifinal, diantaranya adalah aplikasi Smoothie hasil karya Tim Ide Delta, yaitu sebuah kombinasi dari sensor gelombang otak dan Windows Phone yang bisa memainkan musik sesuai suasana hati pemakainya. Sementara aplikasi Bubblebum dari Tim Stairway Studio, adalah aplikasi yang bisa membuat “gelembung” memori visual memory yang dapat dilihat, didengar dan dibagi oleh pemakainya.

Selain itu ada tiga aplikasi games yang menggunakan tantangan matematika di dalamnya dan dikombinasikan dengan tantangan lain, seperti aplikasi games Saluck Story dari Tim Junior Studio, Onyonyo Time dari Tim Nameless Studio dan The Lost Chiko Mathventure dari Tim Raion Elite.

Keberhasilan Tim Solite Studio dari Universitas Tronojoyo Madura, Bangkalan dengan game Save The Hamsters berhasil mengharumkan nama bangsa dan merebut posisi kedua dunia untuk kategori Games di Imagine Cup 2013 World Final yang diselenggarakan di St. Petersburg, Rusia membuat kompetisi Imagine Cup 2014 Indonesia semakin ketat.

“Kami harus melakukan seleksi terhadap para peserta lebih ketat lagi, dengan harapan mereka yang nantinya akan mewakili Indonesia di ajang final dunia akan bisa melebihi prestasi Tim Solite Studio atau paling tidak bisa menyamainya sehingga Bendera Merah Putih bisa kembali berkibar di Imagine Cup 2014 World Final,” kata Risman.

Prestasi dari Solite Studio di Imagine Cup 2013, World Final Russia tentunya bisa menjadi inspirasi dan motivasi para mahasiswa yang ingin mengikuti Imagine Cup 2014, karena mahasiswa Indonesia telah terbukti kemampuannya dan patut diperhitungkan di kompetisi Imagine Cup. Bukan tidak mungkin kalau mahasiswa Indonesia bisa kembali mengibarkan Bendera Merah Putih dan menjadi pemenang pada Imagine Cup 2014 World Final.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…