in: Direct Release | March 18, 2014 | by: Friska Suryawinata

[PR] CommunicAsia2014, EnterpriseIT2014 dan BroadcastAsia2014 Pamerkan Terobosan Teknologi Untuk Dunia yang Semakin Terhubung

CMMA2014Logo-nt

SINGAPURA, Maret 17 2014 – Sosial media, analitik data besar (big data), OTT (over-the-top), multi-platform screening dan CYOD (Choose Your Own Device) telah dikutip dalam berbagai laporan industri sebagai tren utama yang menonjol di tahun 2014. Kecenderungan ini didorong oleh peningkatan yang tajam dalam konsumsi komunikasi data dan hiburan pada perangkat mobile. Hal tersebut seiring dengan1 peningkatan tajam traffic data mobile di wilayah Asia Pasifik yang diperkirakan akan melebihi jumlah di seluruh dunia pada tahun 20172.

Indonesia menunjukan pertumbuhan mobile yang kuat

Saat ini, meningkatnya lalu lintas data seluler telah membuktikan permintaan yang lebih besar dalam hal komunikasi data di Indonesia. Fenomena penggunaan mobile terus menunjukkan momentum yang kuat di wilayah tersebut. Hal ini didukung oleh penetrasi pasar ponsel yang sangat tinggi melebihi 100% dari tahun lalu. Pertumbuhan komunikasi data juga diharapkan tumbuh hampir 40% setiap tahunnya3. Evolusi di Indonesia didorong oleh tingginya konektivitas internet dan kinerja antar mesin atau M2M (machine-to-machine) serta diluncurkannya berbagai smartphone terbaru dan terjangkau. Karena setiap orang semakin terhubung satu sama lain, perusahaan-perusahaan kini mulai memprioritaskan berbagai saluran baru guna memperluas pangsa pasar, seperti memperluas layanan dari mobile banking dan mobile marketing.

Analitik data besar (big data analytics) juga kini telah semakin berkembang di berbagai sektor industri seperti telekomunikasi, perbankan dan asuransi. Meskipun banyak orang menganggap bahwa adopsi big data Indonesia masih dalam tahap awal, namum riset menunjukkan bahwa tiga dari empat perusahaan di Indonesia telah menunjukan komitmen mereka untuk analisis data sebagai cara untuk menghadapi tantangan yang telah terbukti terjadi di berbagai pasar yang lebih maju. Perusahaan kini memanfaatkan informasi dari data yang besar untuk menentukan strategi pemasaran dan perencanaan taktis agar dapat mengikuti kebutuhan terkini dari pelanggan mereka. Teknologi digital canggih ini mulai sangat dihargai sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang dan juga untuk mengetahui tren terkini.

Di saat bisnis terus berkembang, para pengguna langsung (end-users) juga mencari layanan yang handal, canggih dan tanpa hambatan dimana saja; dan industri ini memberikan respon dengan menawarkan proliferasi solusi mutakhir dan terdepan seperti bisnis analitik, layanan cloud, TV sosial, dan dua / multi-screen yang dapat membantu konsumen agar senantiasa terhubung dengan dunia digital yang tidak pernah berhenti berevolusi.

“Ketika mobilitas menjadi sebuah keharusan dalam setiap aspek kehidupan kita, perusahaan di Indonesia harus lebih agresif serta fleksibel dalam menjangkau konsumen yang selalu terhubung, dan dalam waktu yang sama mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar. Acara pameran kami, secara komprehensif, memamerkan produk dan solusi terbaru yang meliputi perangkat terhubung (connected devices), penyiaran multi-screen (multi-screen broadcasting), aplikasi mobilitas satelit dan Ultra HD di CommunicAsia, EnterpriseIT dan BroadcastAsia. Dengan demikian akan memungkinkan perusahaan untuk mengeksplorasi model bisnis berkelanjutan agar tetap kompetitif dan terdepan,” kata Mr. Victor Wong, Project Director of Communication Events, Singapore Exhibition Services.

Penerapan dan penggunaan untuk teknologi-teknologi ini akan terhubung lewat tiga pameran dan konferensi. Pengunjung tidak hanya akan mendapatkan pengalaman konvergensi teknologi, mereka juga akan dapat membuka jalur bisnis baru dengan akses kepada jaringan para pemain industri global serta bertukar informasi dengan beberapa pemikir dan pelaku terkemuka di dunia dalam bidang inovasi dan teknologi.

CommunicAsia2014, EnterpriseIT2014 and BroadcastAsia2014: Mobilitas dan Konektivitas Menjadi Topik Utama

Pengaktifan teknologi untuk ekosistem mobile secara keseluruhan, mulai dari komunikasi satelit, teknologi tertanam, teknologi mobile untuk multi-platform screening dan penyiaran, akan bersatu dalam CommunicAsia2014, EnterpriseIT2014 dan BroadcastAsia2014 dimana acara industri yang paling bergengsi di Asia ini dibuka dari 17-20 Juni 2014 di Marina Bay Sands, Singapura.

CommunicAsia2014 bersama EnterpriseIT2014 akan menunjukkan bagaimana berbagai teknologi dapat menghubungkan orang-orang, perusahaan dan kota dengan tiga cluster tematik terbaru – NXT Cities, NXT Enterprises and NXT Connected Services:

  • NXT Cities – berfokus pada teknologi yang memungkinkan perkembangan menuju kota benar-benar terhubung
  • NXT Enterprises – memberikan perhatian terhadap layanan yang dirancang untuk meningkatkan operasi bisnis, termasuk bisnis analitik dan layanan cloud
  • NXT Connected Services – menunjukkan potensi yang sangat besar untuk sebuah pengalaman pribadi agar tetap terhubung kapan saja, dimana saja dan dengan perangkat apapun

Agilent, AppearTV, Eltek, KORE Wireless, PCCW Global, Siemens, PT Mitra Solusi Telematika, ST Electronics dan Toshiba Electronics adalah beberapa perusahaan terkemuka yang akan turut berpartisipasi dalam CommunicAsia2014 dan EnterpriseIT2014.

Sebuah bagian dari CommunicAsia2014, yakni SatComm2014 akan kembali hadir untuk memberikan dukungan strategis bagi komunitas satelit global dengan menampilkan komunikasi satelit terbaru dan solusi mapan yang memenuhi kebutuhan kritis seluruh ekosistem mobile di Asia. Para peserta pameran termasuk APT Satellite, Asia Broadcast Satellite (ABS), Asia Satellite Telecommunications.

BroadcastAsia2014 akan menampilkan teknologi dan solusi state-of-art mulai dari akuisisi,  produksi sampai pengiriman yang akan meningkatkan pengalaman multi-screen untuk pengguna dimana saja. Program utama meliputi:

  • Sportscasting – menampilkan terobosan teknologi terbaru yang berhubungan dengan sportscasting, dari akuisisi, produksi sampai pengiriman
  • ProfessionalAudioTechnology – sebuah pameran internasional untuk peralatan, layanan, dan teknologi audio profesional
  • Sinematografi / Film / Zona Produksi – satu tempat untuk semua yang menampilkan alat produksi dan perangkat lunak untuk film (motion picture)

Peserta pameran termasuk Canon, EVS, GoPro, Gospel, Grass Valley, Harris dan Playbox Technology.

Kesempatan bagi para profesional Indonesia untuk bertukar informasi

 

Terdiri dari sesi khusus oleh para visioner dan spesialis industri, Konferensi Internasional CommunicAsia2014 dan BroadcastAsia2014 merupakan sebuah hub pertukaran informasi dan wadah untuk menjalin relasi bagi peserta untuk berdiskusi mengenai tren di masa depan seperti teknologi yang sedang berkembang di industri ICT dan penyiaran, faktor resiko industri serta model sukses yang akan memungkinkan perusahaan untuk mengikuti era mobilitas dan tetap memberi keuntungan.

CommunicAsia2014 Summit akan menjelajahi tren-tren baru yang menarik seperti penggunaan analitik data besar untuk menjalankan  ‘Internet of Things’. Sebuah line-up yang impresif pada konferensi ini akan mencakup topik terkini termasuk ‘Internet of Things’, munculnya solusi mobilitas VSAT untuk darat, udara dan laut, enterprise consumerisation dan CYOD, dipresentasikan oleh para pemimpin C-level dari berbagai perusahaan seperti Celcom Axiata, Dell, SES, SingTel dan Telekom Malaysia.

Summit tersebut juga akan mengeksplorasi lebih dalam mengenai tantangan, peluang dan prospek pertumbuhan tren-tren tersebut di masa depan terutama di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Revolin Simulsyah Nasution, Vice President of Infrastructure & Service Planning PT Telekomunikasi, dijadwalkan untuk berbicara di summit dan membahas berbagai cara untuk berhasil menyebarkan FTTH (Fiber to the Home) dengan menyentuh pengalamannya dalam membangun perkembangan FTTH Telkom di Indonesia.

BroadcastAsia2014 International Conference akan menggali lebih jauh mengenai over-the-top (OTT) serta peran media sosial di masa depan industri pertelevisian, sementara Creative Content Production Conference 2014 berfokus pada pembuatan dan distribusi konten, dan aspek teknis dari 4K. Sederet rangkaian konferensi ini akan mencakup terobosan teknologi terbaru yang memungkinkan perusahaan untuk mempertajam visi dan meningkatkan strategi sukses, dengan memiliki pengetahuan khusus mengenai pasar di Asia. Para ahli dari EVS, Media Prima Digital, Mediacorp, Nielsen dan Sony akan menyajikan studi kasus dan berbagi ide pemikiran mereka di konferensi ini.

CommunicAsia, EnterpriseIT and BroadcastAsia telah menarik lebih dari 51,000 peserta dari 100 negara / wilayah berbeda pada tahun 2013. Pengunjung utama dari Indonesia tahun lalu meliputi Bank Danamon Indonesia, Komisi Penyiaran Indonesia, Indosat, Kompas TV, Metro TV, Televisi Nasional, PT Hutchison CP Telecommunications, PT Telekomunikasi Indonesia, Telkomsel, Radio Republik Indonesia dan banyak lainnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES