in: News | March 20, 2014 | by: Gatot Tri Yuwono

Prosesor Murah dari Intel Akhirnya dapat di Overclock

Jika berbicara mengenai overclocking pada prosesor Intel, produsen micro-processor dengan markas besar di Santa Clara, California, tersebut memang membatasinya di seri tertentu. Untuk saat ini kemampuan overclocking prosesor Intel hanya dapat ditemukan pada tipe Core i5 & Core i7 K-Series serta Core i7 Extreme Series. Sementara itu untuk lini prosesor ekonomis seperti Core i3, Pentium, serta Celeron harus berpuas diri dengan tetap bekerja pada clock speed standar. Alhasil untuk menikmati prosesor Intel dengan kemampuan overclocking, kalangan pengguna PC diharuskan merogoh kocek lebih dalam.

intel unlocked pentium

Untuk kalangan pengguna PC dengan dana terbatas tetapi ingin menikmati prosesor Intel dengan kemampuan overclocking tampaknya kini akan menunggu-nunggu hadirnya prosesor terbaru dari Intel di tahun 2014 ini. Menyambut perayaan 20 tahun merek prosesor Pentium mereka, Intel mengumumkan tipe prosesor Pentium terbaru mereka dengan kemampuan overclocking.

Prosesor Pentium K-Series dapat digunakan pada motherboard dengan chipset Intel seri 8 dan 9 dimana hal tersebut menandakan penggunaan soket LGA1150. Sementara itu untuk arsitektur CPU prosesor Pentium K-Series tersebut tampaknya masih menggunakan Haswell. Untuk kemampuan overclocking, Pentium K-Series seharusnya selain dapat mengubah multiplier prosesor juga dapat mengubah multiplier BCLK (Base Clock). Tidak hanya itu, prosesor Pentium K-Seris tersebut akan menggunakan iGPU HD Graphics dimana Intel menanamkan feature Quick Sync di dalamnya. Feature tersebut membantu dalam mengakselerasi encoding maupun decoding video dan sebelumnya hanya dapat ditemukan pada tipe Core i3 dan di atasnya.

Untuk saat ini memang belum diketahui berapa banyak tipe dari prosesor Pentium K-Series tersebut. Sedangkan untuk harga, semoga saja akan mengikuti tradisi harga prosesor Intel Pentium saat ini yaitu di bawah $100. Tampaknya pasar prosesor di bawah 1 jutaan akan semakin menarik dengan hadirnya prosesor Intel Pentium K tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES