in: Notebook / Laptop | March 25, 2014 | by: Bimanto

Review Lenovo Ideapad Flex 14: Dua Cara Penggunaan dalam Satu Perangkat

 

Hadirnya perangkat convertible yang terus didengungkan Intel sejak tahun lalu membuat berbagai perangkat laptop dengan desain inovatif hadir. Perangkat convertible ini hadir dengan berbagai cara pemakaian tergantung dari bentuk perangkat yang dihadirkan oleh berbagai brand. Saat ini Anda sudah dapat menemukan berbagai notebook convertible dengan layar sentuh yang bisa juga dioperasikan sebagaimana sebuah tablet tetapi dengan tambahan sebuah keyboard sehingga menambah kenyaman penggunaannya, seperti juga Lenovo ideapad Flex 14. Notebook convertible ini mengusung spesifikasi tinggi dan dilengkapi dengan OS Windows 8. Kami akan menampilkan review perangkat tersebut kepada Anda dalam artikel ini!

Dimensi dari Lenovo ideapad Flex 14 bisa dikatakan sama dengan notebook umumnya yang menggunakan layar berukuran 14″ tetapi lebih tipis dibandingkan notebook klasik. Perangkat ini mempunyai bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan rata-rata notebook 14″, yaitu di bawah 2kg. Hal itu membuat notebook ini akan lebih nyaman dibawa bila dibandingkan notebook klasik yang biasanya mempunyai berat diatas 2kg. Notebook ini dibalut dengan warna hitam glossy dengan bezel berwarna orange atau silver sehingga membuat desain notebook ini terlihat tidak terlalu monoton. Casing Lenovo ideapad Flex 14 terasa sangat solid dan tidak terasa adanya kekososngan ketika casing notebook ini kami tekan pada beberapa bagian.

SONY DSC

 

Spesifikasi yang diusung oleh Lenovo ideapad Flex 14 bisa dikatakan cukup tingggi, sehinga seharusnya Anda dapat menggunakannya untuk aplikasi menengah keatas dengan baik. Untuk spesifikasi lengkapnya, Anda dapat melihat pada tabel di bawah ini:

Spesifikasi
Processor Intel core i5 4200U
Speed 1.6GHz Turbo Boost 2.6Ghz
Memori DDR3 4GB
Storage Hard disk 500GB
Graphics NVIDIA GeForce GT720M + Intel HD4400
Layar 14″
Touch Screen 10-point multitouch
Resolusi 1366×768
Interkoneksi IEEE 802.11 b/g/n dan Bluetooth V4.0
USB2.0 2
USB3.0 1
Audio in/out 1
Card reader 1
D-Sub 1
HDMI 1
Ethernet 1
Baterai 45Wh
Operation System Microsoft Windows 8
Dimensi (mm) 343.2 x 250.9 x 21.5
Berat (Kg) 1.94

Lenovo ideapad Flex 14 menggunakan prosesor Intel Core i5 generasi ke 4 Haswell seri 4200U yang mempunyai TDP rendah sehingga diharapkan akan berimbas positif pada daya tahan baterai perangkat. Untuk mendukung kinerja prosesor dengan kecepatan 1.6GHz yang dapat meningkat hingga 2.6GHz ini, Lenovo memasang memori DDR3 sebesar 4GB di dalamnya yang dapat Anda tingkatkan atau tambah bila Anda memerlukannya. Kapasitas storage hard disk sebesar 500GB siap menampung berbagai data dan file Anda di dalamnya. Walaupun tipis, Lenovo masih membekali ideapad Flex 14 dengan graphics NVIDIA GeForce GT720M yang dapat mendongkrak kemampuan perangkat menjalankan game 3D. Ketika tidak membutuhkan kemampuan pengolahan grafis tinggi, teknologi Optimus yang diusung akan otomatis mengaktifkan Intel HD Graphics 4400 dalam prosesor untuk menghemat daya.

SONY DSC

 

Notebook Lenovo ini menggunakan layar berukuran 14″ dengan resolusi 1366×768 yang dilengkapi dengan panel IPS sehingga warna yang ditampilkan terlihat sangat menawan. Selain layar yang nyaman, Lenovo juga memberikan touchscreen 10 point multitouch sehingga Anda akan lebih nyaman menggunakan notebook ini dengan OS Windows 8. Dikarenakan penggunaan panel IPS, layar yang diberikan mempunyai viewing angle atau sudut pandang yang lebih beesar tanpa mengalami degradasi warna yang berarti.

Satu hal yang menarik dari layar ideapad Flex 14 adalah layar notebook ini dapat diputar sampai dengan 300 derajat, sehingga Anda akan mempunyai dua mode pemakaian, notebook dan stand mode. Dalam keadaan Anda berkerja, Anda pasti akan lebih nyaman dalam mode notebook dengan keyboard untuk mengetik, lalu bagaimana bila Anda sedang melakukan kegitan tanpa memerlukan keyboard? Stand mode adalah alternatif cara penggunaan yang mungkin akan terasa lebih nyaman. Anda dapat mengoperasikan notebook ini sebagai mana sebuah tablet dengan bagian bawah sebagai stand. Dalam mode ini Anda dapat melakukan kegiatan browsing, melihat konten multimedia (mendengar musik, menonton film dan melihat koleksi foto), video conference, dan lain sebagainya dengan sangat nyaman sekali pada layar touchscreennya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES