in: Gadget | March 28, 2014 | by: Yossie Dwi P

Review LG Nexus 5: Smartphone Android Kencang dari Google

Nexus 5 (5)

Anda para fans sistem operasi Android tentunya sudah tidak asing dengan popularitas smartphone seri Nexus. Ya, perangkat yang dikembangkan langsung oleh Google bersama perusahaan manufaktur yang ditunjuk sebagai mitra utama memang punya ciri khas tersendiri. Apalagi kalau bukan penggunaan OS Android murni dimana Anda tidak akan menemukan modifikasi apapun seperti yang kerap terlihat di perangkat Android lainnya.

HTC, Samsung, ASUS, dan LG adalah beberapa nama yang sempat berkerjasama dengan Google untuk menggarap seri Nexus. Setelah sukses dengan Nexus 4, LG kembali mendapat kehormatan untuk mengerjakan smartphone penerusnya. Kini, produk bernama Nexus 5 itu telah hadir di meja pengujian JagatReview.

Nexus 5 (2)Nexus 5 (3)

Yes, it’s a premium smartphone! Nexus 5 tampil elegan dengan warna hitam (tersedia pula dalam warna putih dan merah) dan desain unibody dimana keempat sudutnya terlihat tidak kaku. Berbeda dengan pendahulunya yang berbalut kaca, smartphone ini didominasi bahan plastik dan pada back cover-nya sedikit dipadukan dengan rubber. Kami menilai build quality dari Nexus 5 terlihat sangat baik. Lengkungan di bagian belakang membuatnya terasa pas di tangan dan nyaman saat digenggam.

Nexus 5 (4)

Sisi hardware yang dibenamkan menjadi sajian utama yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna yang mencari smartphone berperforma tinggi. Sebut saja keberadaan SoC Qualcomm Snapdragon 800 dengan prosesor quad-core 2.3GHz Krait 400 serta GPU Adreno 330! Ada pula RAM 2GB dan pilihan memori internal 16GB atau 32GB. Perlu diketahui bahwa model yang masuk secara resmi ke pasar Indonesia adalah versi 16GB. Yang menarik, Nexus 5 ternyata juga memiliki fitur Wireless Charging! Sayang, charger wireless-nya sendiri tidak disertakan dalam paket penjualan.

CPU Z Nexus 5 (2) CPU Z Nexus 5 (1)

Patut digarisbawahi, Nexus 5 tidak menyediakan slot microSD. Mungkin bagi sebagian pengguna yang gemar mengoleksi foto, musik, dan film berukuran besar di smartphone-nya, hal ini bisa menjadi masalah. Walaupun begitu, pihak Google sendiri menyarankan agar koleksi-koeksi yang Anda miliki disimpan pada Google Drive secara online (cloud) yang tersedia sebesar 15 GB. Sebelum mengulas lebih lanjut seperti apa performa dari Nexus 5, kita simak dulu paket penjualannya.

Paket Penjualan

Di dalam box Nexus 5, LG tidak menyertakan headset bawaan. Berikut adalah paket penjualannya:

Paket Penjualan Nexus 5 (1)

Box Nexus 5 (tampak depan)

Paket Penjualan Nexus 5 (2)

Box Nexus 5 (tampak belakang)

Paket Penjualan Nexus 5 (3)

Adapter dan kabel microUSB

Paket Penjualan Nexus 5 (4)

Kartu garansi (beserta buku panduan) dan alat untuk membuka slot SIM-card

Nexus 5 Gift Pack 2

Gift Pack yang berisi hardcase merek Spigen, boneka Android, dan satu pak cokelat KitKat.

Sistem Operasi: Android 4.4.2 KitKat

SS Nexus 5 (7)

Jangan tanyakan soal sistem operasi jika berbicara tentang seri Nexus. Google menjanjikan update tercepat agar pengguna Nexus selalu merasakan Android versi terbaru. Hasilnya, Nexus 5 saat ini sudah berbekal Android 4.4.2 KitKat. Upgrade untuk sistem operasi setelah Kitkat juga sudah pasti akan muncul pertama kali pada smartphone yang satu ini.

SS Nexus 5 (6)

Karena Android yang digunakan ‘berdarah murni’, Anda tidak akan menemukan berbagai modifikasi yang biasa ditemukan untuk mempercantik user interface. Tidak ada campur tangan dari pihak LG terkait Android 4.4.2 KitKat yang ditanamkan pada Nexus 5. Tampilan Home terlihat begitu sederhana tanpa kehadiran widget-widget dan shortcut tambahan. Meski begitu, bukan berarti pengguna tidak diberi kebebasan untuk melakukan kostumisasi. Anda tetap bisa menambahkan widget dan shortcut sesuai kebutuhan, mengganti wallpaper, menggunakan theme favorit, dan sebagainya.

SS Nexus 5 (9) SS Nexus 5 (8) SS Nexus 5 (16)

SS Nexus 5 (17) SS Nexus 5 (4) SS Nexus 5 (14)

SS Nexus 5 (5) SS Nexus 5 (18)

Perlu diketahui bahwa Launcher bawaan Nexus 5 merupakan Google Now Launcher. Anda dapat langsung memanggil Google Now search dari homescreen dengan memanggil “OK Google”. Google Now sendiri mampu melakukan panggilan suara, mengirim SMS, Email, mencari informasi pada mesin pencari Google, membuka aplikasi yang telah diinstal pada perangkat, dan lainnya. Anda pun dapat menanyakan “What does the fox say“.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES