in: Graphics Card | March 27, 2014 | by: Gatot Tri Yuwono

Review MSI R9 290X Lightning: VGA Gaming Kencang dengan Kemampuan Lebih

Kesimpulan

Chip GPU terbaik, baik dari AMD maupun NVIDIA, memang layak mendapatkan perlakuan istimewa oleh produsen graphics card. MSI memiliki resep tersendiri untuk melakukannya dan produk graphics card seri Lightning ternyata menjadi jawaban terbaik. Sekali lagi, MSI berhasil membawa graphics card single-GPU terbaik ke tingkat lebih tinggi dan Radeon R9 290X akhirnya mendapatkan kesempatan tersebut.

msi r9 290x lightning on system

Tidak dapat dipungkiri lagi, performa gaming MSI R9 290X Lightning tergolong kencang dan memberikan hasil memuaskan. Pada sesi pengujian rutin kami, ekstra 80 MHz pada nilai maksimum clock GPU terbukti mampu memberikan suntikan tenaga dimana kami mendapatkan peningkatan performa hingga 8% lebih tinggi. Menariknya dengan clock GPU seperti itu, MSI R9 290X Lightning menjadi salah satu produk Radeon R9 290X dengan clock GPU paling tinggi saat ini.

msi r9 290x lightning on system crossfire

Pengujian MSI R9 290X Lightning kali ini memang lebih spesial dengan hadirnya dua buah graphics card tersebut. Oleh karena itu kami tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menguji performa MSI R9 290X Lightning dengan konfigurasi CrossfireX. Menggabungkan dua MSI R9 290X Lightning berhasil mendongkrak performa gaming hingga lebih dari 80%. Tentu saja dengan tenaga sebesar itu, perangkat display resolusi tinggi menjadi pasangan wajib untuk menikmati konfigurasi lebih dari 18 juta tersebut secara maksimal. Di luar tingginya performa, konfigurasi dua MSI R9 290X Lightning sukses menguras listrik hingga lebih dari 800 Watt dan dengan ketebalan bodi tiga slot, dibutuhkan motherboard dengan jarak antar PCIe sangat renggang.

msi r9 290x lightning triple fans

Sistem pendingin TriFrozr memang tidak ingin kalah unjuk gigi pada pengujian kami kali ini. Tingginya temperatur kerja chip GPU Hawaii XT terutama dengan ekstra clock GPU 80 MHz lebih tinggi sukses dijinakkan oleh sistem pendingin TriFrozr. Rasa was-was akan umur graphics card akibat temperatur kerja sangat tinggi kini hanya menjadi kenangan. Bahkan sistem pendingin TriFozr tidak hanya mampu menjadi temperatur kerja tetap berada di bawah 70 °C tetapi juga mampu beroperasi pada tingkat kebisingan cukup rendah.

Tambahan kata “LIGHTNING” di akhir nama produk memang menandakan MSI R9 290X Lightning sebagai produk seri Overclocking. Oleh karena itu tidak aneh jika MSI menanamkan sejumlah fasilitas overclocking terbaik milik mereka saat ini. Sebut saja penggunaan komponen Military Class 4 untuk durabilitas graphics card lebih baik terutama di kondisi ekstrim, limitasi daya lebih besar berkat BIOS LN2, desain VRM lebih baik, konektor daya PCIe 8-pin+8-pin-6-pin, kemampuan Triple Overvoltage, serta V-Check Point merupakan sejumlah fasilitas spesial dari MSI untuk menjamin overclocker mampu memeras kemampuan graphics card hingga batas tertinggi. Untuk sajian kemampuan overclocking MSI R9 290X Lightning terutama pada kondisi ekstrim, akan kami serahkan kepada rekan kami, JagatReview Overclocking Team, di artikel mendatang.

Di luar setumpuk kelebihan, MSI R9 290X Lightning memang masih menyisakan beberapa kekurangan seperti penggunaan clock memori reference dan ketebalan graphics card yang dapat menyulitkan penggunaan pada konfigurasi multi-GPU. Kekurangan tersebut memang bisa di atasi dengan meng-overclock memori secara manual dan menggunakan motherboard dengan jarak slot PCIe lega atau paling tidak berjarak tiga slot.

PC gaming Anda membutuhkan graphics card bertenaga dan produk Radeon R9 290X tengah menjadi incaran utama, tampaknya sulit untuk tidak memasukkan MSI R9 290X Lightning dalam daftar incaran utama Anda. Sejumlah keunggulan di atas memang menjadi alasan kuat untuk tidak melewatkan graphics card ini dari incaran Anda. Tentu saja walaupun dirancang untuk melakukan overclocking, tidak berarti graphics card ini tidak cocok untuk kalangan pengguna PC biasa seperti gamer. Pengguna non-overclocker akan merasakan manfaat pada sektor performa gaming bawaan, durabilitas graphics card lebih baik berkat penggunaan komponen berkualitas, serta rendahnya temperatur kerja berkat penggunaan sistem pendingin dengan performa tinggi.

  • Produsen : MSI
  • Info : www.msi.com
  • Harga : Rp. 9.199.000,- (per 26 Maret 2014)
  • Distributor Indonesia : Alfa Artha Andaya
  • Telepon : (021) 622 00000
  • (*) Harga dan ketersediaan barang dapat berubah sewaktu-waktu
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES