in: News | March 19, 2014 | by: Ozal

Samsung Perkenalkan Trio Aksesoris Khusus Tunanetra

Vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung baru saja memperkenalkan tiga aksesoris pintar untuk pengguna yang mengindap penyakit tidak bisa melihat (tunanetra). Ketiga aksesoris yang dipasang khusus untuk perangkat Samsung seri Galaxy Core Advance tersebut, yakni Ultrasonic Cover, Optical Scan Stand, dan Voice Label.

“Ketiga aksesoris teknologi itu dengan mudah bisa terhubung dengan Galaxy Core Advance, sehingga memperkaya fitur aksesbilitas pada perangkat yang dimaksudkan untuk membantu penyandang cacat dan tunanetra.” tulis Samsung dalam pernyataan resminya.

aksesoris

Ultrasonic Cover, misalnya, mampu mendeteksi objek sejauh enam meter dari pengguna dan dapat mengirim sinyal getar atau suara peringatan. Ide dari aksesoris tersebut ialah memudahkan pengguna smartphone bisa berjalan dengan aman di lingkungan yang tidak dikenalinya. Gelombang ultrasonik dalam aksesoris tersebut berbentuk casing ponsel tersebut juga bisa mendeteksi tembok, jalan berlubang, dan semacamnya yang bisa membahayakan penyandang tunanetra saat berjalan.

aksesoris 2

Lalu, Optical Scan Stand yang bentuknya mirip sebuah tatakan atau pajangan untuk smartphone. Kegunaan aksesoris tersebut ialah untuk membaca dokumen di perangkat smartphone melalui fitur pemindai teks. Penyandang tunanetra maupun lansia bisa memasukan selembar kertas ke aksesoris tersebut untuk di-scan, lalu smartphone akan membacakannya dengan suara lantang.

aksesoris 3

Terakhir ialah Voice Label yang memiliki fitur NFC receiver dan media perekaman suara. Pengguna bisa menempelkan aksesoris berbentuk tag NFC itu ke objek apa saja guna membantu membedakan objek atau benda satu sama lain. Nantinya, melalui koneksi NFC, smartphone bisa merekam maupun mendengarkan kembali suara mengenai informasi objek yang ditempel label tersebut. Misalnya saja, pengguna melakukan “tapping” di label tersebut melalui ponselnya untuk mengetahui cara menggunakan mesin cuci. Aksesoris ini juga bisa digunakan pengguna non-tunanetra.

“Melalui penelitian dan wawancara yang mendalam (dengan penyandang tunanetra), aksesoris ini secara khusus dirancang untuk kebutuhan masyarakat tertentu,” ujar Samsung yang belum membocorkan kapan dan harga dari trio aksesoris tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES