in: News | March 2, 2014 | by: Adhitya Kresna W

SoC 64bit Milik Samsung Bakal Meluncur Tahun Ini?

Meskipun banyak yang mengasumsikan sebelumnya jika Samsung akan memperkenalkan debut chipset 64bit besutannya di ajang MWC 2014, nyatanya hal tersebut tidak terjadi. Pada ajang tersebut, perusahaan yang berasal dari Korea Selatan itu justru mempresentasikan SoC terbarunya yang masih mengusung instruksi 32bit, yakni Exynos 5422 Octa dan Exynos 5260 Hexa. Namun demikian, chipset 64bit pertama yang dibuat oleh Samsung kemungkinan akan diperkenalkan tahun ini.

Samsung Processor 64 bit

Pasca pengumuman Apple dengan smartphone iPhone 5S yang menggunakan chipset 64bit pertama di dunia tahun 2013, berbagai produsen chipset mobile di platform Android segera mengungkapkan rencana mereka untuk mengikuti jejak Apple. Samsung sebagai produsen chipset Apple A7 yang digunakan pada iPhone 5S juga tak mau ketinggalan dan memastikan bahwa chipset Exynos 64bit siap rilis tahun 2014. Rumor yang beredar mengatakan bahwa Samsung tampaknya siap meluncurkan prosesor tersebut di awal tahun 2014, dengan perkiraan akan digunakan di dalam Galaxy S5 yang dirilis pada bulan Maret.

Samsung Processor 64 bit 001

Namun setelah melewati dua buah ajang pameran teknologi di awal tahun (CES dan MWC), chipset 64bit tersebut masih belum dihadirkan, dan Samsung hanya mengumumkan 2 buah chipset Exynos terbaru sehingga membuat banyak orang penasaran. Salah seorang eksekutif Samsung yaitu Kyushik Hong memastikan bahwa SoC 64bit masih termasuk dalam rencana jangka panjang mereka, walaupun peluncurannya mungkin tidak dalam waktu dekat. Hong mengatakan bahwa Exynos 64bit kemungkinan baru akan siap diluncurkan sebelum berakhirnya tahun 2014.

Alasannya karena Samsung ingin merilis chipset 64bit pada saat Android telah benar-benar mampu memberidukungan sepenuhnya untuk platform 64bit.Hong yakin bahwa dukungan untuk platform 64bit sangatlah penting terlepas dari apakah sebuah smartphone memang benar-benar membutuhkannya. Permintaan para pelangganlah yang menghendaki kehadiranchipset 64bit tersebut di industri smartphone.

Sumber: CNET

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES