in: News | March 4, 2014 | by: Yossie Dwi P

Tablet Android Berhasil Kalahkan iPad

the_new_ipad_vs_android_tablets-420x258

Popularitas sistem operasi garapan Google, Android, memang tak terbendung. Tak heran jika sebagian besar produsen perangkat mobile mengadopsi OS tersebut di produk buatannya seperti smartphone dan tablet.

Bicara tablet, data terbaru dari Gartner menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2013 ada 195 juta tablet yang terjual. Android mendominasi angka tersebut dengan meraih 61,9 persen. Sementara iPad besutan Apple mendapatkan 36 persen. Sisa 2,1 persen adalah milik tablet ber-OS Windows.

Data ini menandakan tablet Android telah berhasil melampaui popularitas iPad yang di tahun-tahun sebelumnya sangat berjaya. Perlu diketahui bahwa di tahun 2012 Apple masih bisa menyentuh 53 persen dari total penjualan tablet, sedangkan Android 46 persen.

Lalu, apa yang menyebabkan tablet Android kini lebih unggul? Menurut Gartner, Android punya banyak pilihan tablet kelas low-end yang menawarkan layar lebih kecil, dimana dua hal itu adalah yang paling dicari oleh mayoritas pengguna.

Apple bukan berarti tak berusaha memperkaya lini produknya. Seperti diketahui mereka telah merilis iPad Mini yang punya ukuran lebih kecil. Namun jika melirik harga, iPad Mini tak bisa disebut murah apalagi jika dibandingkan dengan Nexus 7.

Tak heran memang jika tablet Android di pasaran begitu bervariasi. Banyaknya pemain dengan nama besar seperti Samsung, ASUS, dan LG, membuat konsumen bisa leluasa memilih tablet mana yang paling cocok untuk mereka. Apalagi di Indonesia kini banyak vendor lokal yang berlomba-lomba menghadirkan tablet dengan harga sangat terjangkau. Karena itu, kemungkinan besar di tahun 2014 penjualan tablet Android akan semakin tinggi.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES