in: News | March 12, 2014 | by: Ozal

Waspadai Akses Internet Banking di Area Wi-Fi

Hampir semua smartphone, tablet, dan notebook yang beredar telah dilengkapi konektivitas Wi-Fi. Begitu pun juga dengan tempat-tempat publik, seperti stasiun, bandara, taman, kampus, gedung perkantoran, hingga warung kopi pun juga menyediakan akses Wi-Fi gratis maupun berlangganan. Namun tahu kah Anda, pencurian data bisa mengancam penggunaaan Wi-Fi di area publik semacam itu?

wifi 2

Dalam sebuah peringatan yang dikeluarkan otoritas keamanan internet Eropa menemukan, kasus pencurian data akun dan password melalui jaringan Wi-Fi kerap kali terjadi. Ini bisa membahayakan pengguna perangkat yang biasa mengakses sebuah website yang menyediakan menu login.

“Kami telah melihat penyalahgunaan Wi-Fi untuk mencuri informasi, identitas maupun password dan uang dari pengguna yang menggunakan koneksi publik atau Wi-Fi yang tidak aman,” kata Troels Oerting, kepala pusat kejahatan internet Eropa di Europol, seperti dikutip dari BBC.

Dirinya menyarankan, sebaiknya pengguna perangkat mobile hanya mengirimkan data pribadinya melalui jaringan yang mereka percayai, seperti broadband. Atau bila memang ingin menggunakan Wi-Fi  dan mengakses website yang membutuhkan akses login, seerti internet banking, sebaiknya dilakukan di rumah.

“Mereka harus melakukannya dari rumah, di mana jaringan Wi-Fi bisa dipastikan aman. Namun jika Anda berada di tempat seperti warung kopi jangan mengakses internet banking atau melakukan apapun yang melibatkan transfer informasi sensitif,” imbunya.

Pada 2013 lalu, Kaspersky  sempat melakukan survei terkait keamanan pengguna dalam mengakses Wi-Fi di area publik. Hasilnya, sebanyak 34 persen pengguna tidak melakukan tindakan khusus guna melindungi aktivitas mereka saat online melalui hotspot Wi-Fi. Sementara 14 persen, tanpa ragu berbelanja online atau melakukan aktivitas perbankan online melalui jaringan tersebut. Bahkan ironinya, hanya satu persen pengguna yang meluangkan waktunya untuk mengecek standar enkripsi di hotspot yang mereka gunakan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES