in: News | April 8, 2014 | by: Yufianto Gunawan

China Siap Setujui Akuisisi Nokia oleh Microsoft

Proses akuisisi Nokia oleh Microsoft diharapkan dapat diselesaikan akhir bulan April ini setelah otoritas yang ada di berbagai berbagai wilayah di dunia memberikan persetujuan mereka. Walaupun begitu, ada satu halangan yang harus dilalui oleh Microsoft sebelum akuisisi tersebut disahkan, yaitu pemerintah China. Pemerintah China dikabarkan telah memberikan lampu hijau atas akuisisi tersebut, tetapi disertai dengan syarat tertentu.

Nokia CEO Stephen Elop and Microsoft CEO Steve Ballmer announce plans for a broad strategic partnership to build a new global mobile ecosystem at a press conference in London, UK February 11, 2011. Nokia and Microsoft plan to form a broad strategic partne

Syarat yang diberikan oleh pemerintah China tersebut adalah terkait dengan pemanfaatan paten yang bakal diterima Microsoft sebagai bagian dari akuisisi Nokia. Mereka khawatir Microsoft akan menggunakan paten-paten tersebut untuk menekan industri smartphone di seluruh dunia, termasuk di China. Oleh karena itu, pemerintah China siap menyetujui akuisisi Nokia oleh Microsoft dengan syarat Microsoft harus menggunakan paten yang diterima dengan benar dan tidak merugikan pihak-pihak lain.

Pemerintah China sendiri memang menjadi salah satu pihak terakhir yang memberikan persetujuan terkait akuisisi Nokia oleh Microsoft. Hal tersebut terpaksa dilakukan karena mereka ingin terlebih dahulu mempelajari hal-hal apa saja yang bisa terjadi sebagai akibat dari akuisisi tersebut. Setelah mempertimbangkan berbagai hal, termasuk hal-hal negatif yang mungkin terjadi di pasar lokal, pihak pemerintah China akhirnya menyetujui akuisisi dengan syarat di atas.

Microsoft sendiri memang memegang beberapa paten penting yang digunakan dalam sistem operasi Android. Hal itu membuat Microsoft banyak meraih keuntungan dari penjualan perangkat berbasis sistem operasi besutan Google tersebut. Industri smartphone di China sendiri selama ini memang banyak mengandalkan Android. Hal itu tentunya membuat pemerintah China was-was akan dimanfaatakannya paten-paten Nokia yang segera diperoleh Microsoft untuk menekan industri yang mengandalkan Android sehingga pada akhirnya terciptalah syarat tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES