in: News | April 28, 2014 | by: Ozal

Facebook Tantang Twitter dengan FB Newswire

Jejaring sosial nomor satu dunia, Facebook siap menggantikan Twitter sebagai wadah yang digunakan media maupun pengguna internet berbagi berita online. Pihaknya baru saja meluncurkan fitur terbaru bernama FB Newswire yang memudahkan pengguna bisa mendapatkan informasi berita online dalam satu halaman.

facebook

“Tiap harinya, berita dibuat di Facebook. Lebih dari satu miliar orang menggunakan platform kami untuk menemukan, mengeksplorasi, dan berpartisipasi dalam berita yang ada di seluruh dunia. Hari ini, kami sangat gembira mengumumkan FB Newswire,” tulis Andy Mitchell, direktur berita dan kemitraan media global di Facebook, dalam sebuah posting.

Target utama Facebook dengan kehadiran FB Newswire ini ialah jurnalis dan kantor media. Mereka bisa melihat artikelnya menjadi trending topics, melakukan perbaikan halaman berita, mengunggah foto dan video liputan asli, dan update status yang nantinya hadir ke news feed. “Kami sangat gembira memperdalam hubungan kita dengan organisasi media dan wartawan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Keberadaan FB Newswire sendiri didukung oleh Storyful, perusahaan penyedia konten informasi terbesar di jejaring sosial. Itu juga merupakan startup yang dibeli oleh raksasa media milik Rupert Murdoch, News Corp senilai US$ 25 juta pada tahun lalu.

Kehadiran Storyful  berada di bawah News Corp, membuat pengguna Facebook bisa mendapatkan sejumlah berita berbobot yang terangkum secara langsung dan up-to-date. Fitur hashtag # pun turut disematkan untuk tiap berita yang ada di FB Newswire.

facebook 3

Facebook tampaknya menyadari betul, pembaca berita online makin banyak mengandalkan Twitter sebagai sumber mendapatkan informasi sembari menikmati timeline Twitter-nya. Hal inipun didukung banyaknya media ternama maupun wartawan yang rutin dan cepat menyebarkan berita yang dibuatnya melalui Twitter ketimbang Facebook. Dengan hadirnya FB Newswire, Facebook sudah membuka persaingan langsung dengan Twitter yang sudah lama menyediakan fitur serupa.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES