in: Software | April 30, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On HCP Anywhere: Cloud Storage & File Sharing dari Hitachi

Menyimpan file secara online saat ini bisa dilakukan dengan mudah berkat banyaknya layanan cloud storage & file sharing yang ada. Berbagai vendor telah menghadirkan layanan cloud storage kreasi mereka yang kebanyakan juga dilengkapi dengan sistem file sharing. Hitachi Data Systems, salah satu vendor data storage terkemuka, beberapa waktu lalu merilis versi beta dari layanan cloud storage & file sharing mereka yang disebut HCP Anywhere.

Taskbar

Secara umum, HCP Anywhere ini memiliki kemampuan yang menyerupai kebanyakan layanan cloud storage & file sharing yang ada saat ini, dimana pengguna bisa menyimpan file-file penting mereka dan membagi link download untuk file-file tersebut ke rekan yang membutuhkan. Namun, satu kelebihan dari HCP Anywhere ini, pengguna bisa memanfaatkan fitur auto synchronization dari cloud storage ke beberapa perangkat milik pribadi yang terhubung ke Internet.

Portal HCP Anywhere
Portal HCP Anywhere

Kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba versi beta dari HCP Anywhere tersebut. Tentu saja, kesempatan tersebut tidak kami sia-siakan dan kami akan mencoba membahas pengalaman kami ketika menggunakan layanan tersebut dalam artikel berikut ini!

Cloud Storage

HCP Anywhere, seperti situs cloud storage pada umumnya, meminta pengguna untuk terlebih dahulu mendaftarkan diri sebelum bisa menikmati layanan. Namun, karena masih dalam tahap beta, HCP Anywhere ini hanya dibuka untuk pihak-pihak tertentu yang mendapat kepercayaan dari pihak Hitachi Data Systems. Setelah melakukan pendaftaran, Anda bisa memanfaatkan HCP Anywhere untuk menyimpan file-file Anda secara online.

Dashboard HCP Anywhere
Dashboard HCP Anywhere
Ketika pengguna memilih suatu file, sebuah toolbar untuk berbagai operasi file akan muncul di sisi atas.
Ketika pengguna memilih suatu file, sebuah toolbar untuk berbagai operasi file akan muncul di sisi atas.
Activity Log untuk melihat aktivitas pengguna juga tersedia.
Activity Log untuk melihat aktivitas pengguna juga tersedia.

Terkait akses ke file-file yang disimpan di HCP Anywhere, pengguna bisa dengan mudah mengaksesnya melalui halaman web tertentu yang akan diberikan saat pendaftaran selesai. Anda bisa mengupload file, mendownload file, serta melakukan berbagai hal terkait manajemen file di halaman tersebut. Karena menggunakan basis halaman web, Anda tentunya bisa mengakses file yang tersimpan dari perangkat apa saja yang terhubung ke Internet. Hal itu tampaknya yang menjadi dasar dari nama HCP Anywhere.

Auto Synchronization

Selain fitur cloud storage “standar”, HCP Anywhere juga memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi otomatis antara cloud storage dengan perangkat yang mereka miliki. Hitachi menyediakan file installer untuk aplikasi auto synchronization yang bisa digunakan di OS keluarga Windows, MAC OS, serta sistem operasi mobile seperti Android dan iOS. Nantinya, pengguna bisa menentukan satu folder di perangkat mereka yang akan terus disinkronisasi isinya dengan cloud storage.

HCP Anywhere - Sync Status

Setup dari aplikasi tersebut sebenarnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu melakukan instalasi aplikasi kemudian memasukkan data login disertai dengan menentukan folder yang akan digunakan untuk sinkronisasi. Setelah hal tersebut dilakukan, aplikasi akan secara otomatis menghubungkan diri dengan Internet dan sinkronisasi dapat dilakukan. Sayangnya, ketika kami mencoba untuk menggunakan Network Folder di NAS kami untuk folder sinkronisasi, kami mendapatkan pesan kesalahan dari aplikasi yang menyatakan bahwa hal itu tidak bisa dilakukan.

HCP Anywhere - Sync

Satu hal yang agak kami sayangkan, ketika mencoba aplikasi HCP Anywhere untuk perangkat mobile, kami mendapati bahwa pengguna harus memasukkan secara manual nama server yang digunakan. Pihak HDS tidak menyediakan pilihan dalam bentuk drop down menu untuk mempermudah pengguna menginputkan nama server yang digunakan. Walaupun nama server yang harus dimasukkan tidak terlalu panjang, adanya pilihan drop down menu untuk nama server setidaknya akan mempermudah “tugas” dari pengguna.

File Sharing

HCP Anywhere - File Sharing
Pengguna bisa membagi file yang tersimpan di cloud storage mereka melalui menu “Share”, baik ke sesama pengguna ataupun ke non-pengguna.

Fitur file sharing tidak dilupakan oleh HDS dan mereka mengintegrasikan fitur tersebut langsung di dashboard HCP Anywhere. Pengguna bisa memilih opsi file sharing yang mereka kehendaki, misalnya sharing internal antar sesama pengguna HCP Anywhere atau sharing ke publik. Untuk file sharing internal, pihak yang menerima link ke suatu file harus terlebih dahulu masuk ke akun HCP Anywhere mereka sebelum bisa membuka file yang dimaksud.

HCP Anywhere - File Download

Pengguna juga bisa menentukan berapa lama file tersebut akan di-share. Sayangnya, untuk opsi lama sharing tersebut, HCP Anywhere hanya menyediakan pembatasan waktu berdasarkan hari saja. Semoga saja mereka menyediakan pembatasan waktu yang lebih fleksibel ketika layanan HCP Anywhere ini hadir secara penuh.

Kesan

Untuk sebuah layanan file sharing, versi beta dari HCP Anywhere ini bisa dikatakan memiliki fitur yang cukup lengkap. Pengguna akan mendapatkan sebuah cloud storage yang isinya bisa langsung disinkronisasi dengan folder yang ada di perangkat milik pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa dengan mudah membagi file yang tersimpan dengan memanfaatkan fitur file sharing yang tersedia.

Tentunya, pihak HCP Anywhere masih akan mengembangkan layanan yang satu ini sebelum merilisnya untuk publik. Secara umum, untuk fitur yang ada saat ini, fitur-fitur tersebut bisa dikatakan sudah cukup memadai untuk orang atau organisasi yang membutuhkan layanan clous storage dengan fitur sinkronisasi yang cukup mudah digunakan. Walaupun begitu, masih banyak celah yang bisa dimanfaatkan pihak HDS untuk mengembangkan lebih lanjut layanan ini agar benar-benar memiliki nilai lebih dibandingkan dengan layanan yang ada saat ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES