in: News | April 26, 2014 | by: Ozal

Iklan di Android Lebih Banyak dari iOS

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, lalu lintas iklan mobile di perangkat Android telah melampui iOS Apple. Itu terjadi selama kuartal pertama tahun ini, menurut laporan survei yang dilakukan Opera MediaWorks. Dalam hal ini, perangkat Android Samsung pada seri Galaxy paling banyak diterpa iklan mobile.

iklan

Menurut pantauannya selama kuartal pertama 2014 ini, lalu lintas iklan mobile di seluruh perangkat Android menjadi 42,8 persen dari kuartal keempat tahun lalu yang sebesar 37,7 persen. Sebaliknya, lalu lintas iklan pada iPhone dan iPad telah menurun menjadi 38,2 persen dari 43,4 persen.

“Kuartal ini menandai pertama kalinya OS mobile dari Google menyalip iOS Apple sehingga menjerat persentase terbesar dari tayangan iklan seluler (di aplikasi dan game) secara keseluruhan,” kata Opera MedaWorks, seperti dikutip dari CNET.

Di antara semua perangkat Android yang ada, Samsung paling banyak dibombardir tayangan iklan mobile dengan pangsa 60 persen. Sejumlah vendor smartphone Android lainnya pun tertinggal jauh, seperti LG hanya 11 persen, lalu diikuti Motorola 5,7 persen, HTC 3,3 persen, dan ZTE 2,5 persen.

Meski Android menjadi pemenangnya dalam lalu lintas iklan, namun itu secara ‘keroyokan vendor’. Lain halnya dengan Apple. iOS adalah paltform OS eksklusif di perangkat Apple. Dalam hal persentase pendapatan iklan mobile, iOS masih menempati puncak dengan perolehan 52,2 persen. Sementara pendapatan Android dari lini iklan mobile hanya 33 persen saja.

Sekedar informasi, Opera MediaWorks menganalisis tayangan iklan mobile dari 500 juta pengguna seluruh perangkat dan 14.000 website dan aplikasi. Pihaknya juga menganalis 64 miliar tayangan iklan mobile per bulan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES