in: Digital Camera - Photography | April 10, 2014 | by: Bhisma Sidarto

Nikon Perkenalkan Lensa Sapu Jagat Terbaru

Lensa sapu jagat adalah istilah yang diberikan kepada lensa yang mempunyai focal range dari lebar hingga sempit. Biasanya lensa jenis ini memiliki bobot yang cukup berat. Nikon mempunyai beberapa jenis lensa yang masuk kedalam tipe ini. Salah satu focal range yang cukup popular adalah 18-300mm. Focal range inilah yang mendapatkan versi terbaru yang mereka beri nama AF-S DX NIKKOR 18-300mm f/3.5-6.3G ED VR.

AFS_DX_18_300_3.5_6.3G

Apa yang baru dari lensa ini? Jika dibandingkan dengan versi terdahulu, lensa ini mengalami penurunan f/stop sebesar 1/3 stop pada focal length terbesarnya. Tentunya ini bisa dianggap sebagai penurunan. Ternyata Nikon merasa bahwa 1/3 stop patut dikorbankan demi penurunan berat pada lensa baru ini. Dengan mengurangi tiga elemen lensa, produk baru ini mampu mengusung berat 280 gr lebih ringan dari versi terdahulunya. Dengan lensa yang lebih ringan tentunya akan membuat penggunaannya terasa lebih mudah. Fitur lainnya seperti sistem Vibration Reduction II (VR II)  kurang lebih identik dengan lensa 18-300mm versi sebelumnya. Lensa ini sendiri dibanderol sebesar USD $ 899.99, harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan 18-300mm versi terdahulu.

AFS_DX_18_300_3.5_6.3G_Specs

Dengan berat yang cukup ringan dan focal range yang lebar diharapkan lensa ini menjadi lensa yang tepat untuk berpergian atau bertamasya. Tentunya sangat praktis ketika hanya harus menenteng satu lensa saja. Mungkin dikemudian hari ini Nikon akan menjadikan lensa ini sebagai salah satu lensa kit untuk salah satu DSLRnya.

Sumber: DPReview

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES