in: News | April 6, 2014 | by: Ozal

Pelanggan 4G di Korea Dapatkan Paket Unlimited

Penggunaan internet berkecepatan tinggi tak akan berlangsung lama, bila operator seluler masih saja pelit menawarkan paket kuota layanan data berbasis volume-base. Akhirnya, pelanggan butuh paket unlimited dengan tanpa adanya pengurangan kecepatan koneksi sedikitpun. Hal inilah yang tengah dipromosikan oleh tiga operator seluler di Korea Selatan, menghadirkan layanan 4G-LTE tanpa dibatasi kuota paket internet.

4G

Ketiga operator yang memimpin pasar telekomunikasi di Korea Selatan tersebut, yakni SK Telecom, KT, dan LG Uplus. Ketiganya, seperti dilansir dari Korea Times, belum lama ini baru saja memperkenalkan program paket langganan data unlimited bagi pelanggan 4G-nya.

LG Uplus misalnya, yang merupakan salah satu afiliasi bisnis LG Electronics menawarkan, biaya langganan data unlimited, berkisar 62.000 won (Rp 675.000) hingga 67.000 won (Rp 720.000). Sebagai perbandingan, harga paket volume-base 4G, mulai dari 10.000 won (Rp 110.000) untuk kuota 500MB.

“Pelanggan dapat menggunakan semua layanan kami dengan membayar jumlah yang telah ditetapkan dari biaya. Layanan baru ini akan membantu memperluas basis pelanggan kami,” ujar vice-chairman sekaligus CEO LG Uplus, Lee Sang-chul.

SK Telekom dan KT yang memiliki basis pelanggan seluler terbesar di Korea Selatan juga menawarkan hal demikian, namun dengan biaya minimum yang lebih murah. SK menawarkan biaya bulanan untuk paket unlimited LTE-4G mulai dari 61,250 won (Rp 660.000). Sementara KT menawarkan biaya bulanan antara 60.000 won (Rp 640.000) hingga 62.000 (Rp 720.000).

Saat ini belum diketahui pasti, apakah skema unlimited ini juga menerapkan FUP (pemakaian batas wajar) harian pengguna atau tidak, seperti halnya yang kerapkali dipraktikan operator seluler di Indonesia.

Sekedar informasi, kecepatan maksimal layanan LTE-4G di Korea Selatan mencapai 75Mbps (dalam satuan bit). Sementara kecepatan rata-rata yang bisa dinikmati pengguna  4G di Korea, menurut laporan OpenSignal pada Maret lalu, hanya berkisar 18,6Mbps. Angka tersebut sudah cukup untuk mengakses video streaming FullHD di Youtube tanpa buffer.

Jaringan LTE-4G sendiri pertama kali diluncurkan di Korea Selatan pada Juli 2011 silam oleh SK Telekom. Lalu pada Januari 2012-nya, KT melakukan hal yang sama. Semenjak LTE hadir di negara tersebut, konsumsi data penggunanya untuk streaming video, browsing, dan jejaring sosial melalui ponsel meningkat menjadi 1,9 GB per bulan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES