in: News - Popular Science | April 19, 2014 | by: Friska Suryawinata

Perkembangan Baru ASIMO Menunjukkan Pergerakan Layaknya Manusia

Honda-ASIMO-pouring-drink_0

Masih ingat dengan ASIMO, robot buatan Honda dari Jepang yang didesain untuk bisa bergerak dan melakukan beragam aksi layaknya manusia? ASIMO yang merupakan singkatan dari Advanced Step in Innovative MObility ini pertama kali diperkenalkan di tahun 2000 silam. Kini, setelah selang kurang lebih 13 tahun lamanya, ASIMO telah menerima berbagai upgrade baru yang membuatnya menjadi lebih “manusia”.

Pada tanggal 16 April 2014 kemarin, Honda menunjukkan robot asisten hasil kembangannya kembali di New York Hotel. Dan cukup mengejutkan para pengunjungnya karena ASIMO bisa melakukan beragam tindakan yang lebih halus dan lebih mirip manusia. Pada demonya tersebut, robot yang memiliki tinggi sekitar 130 cm dengan berat kurang lebih 48 kg tersebut bisa melompat-lompat, menendang bola, menaiki dan menuruni tangga, bahkan bisa menuangkan minuman dalam botol ke dalam wadah gelas dengan hati-hati.

Sudah lebih dari empat tahun lamanya sejak perkembangan ASIMo terlihat berbeda dari pertama kali diperkenalkan, dan aksinya baru-baru ini mampu membuktikan bahwa masih ada harapan akan pengembangan ASIMO untuk bisa bergerak atau bertindak seperti manusia untuk ke depannya. Siapa tahu, dalam waktu dekat kita bisa mengharapkan robot ASIMO yang dapat diproduksi massal untuk menjadi robot asisten untuk manusia.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES