in: Direct Release | April 23, 2014 | by: Jagat Review

[PR] NVIDIA Meluncurkan High-Speed GPU Interconnect Pertama di Dunia

Helping Pave the Way to Exascale Computing

NVLink Memungkinkan Integrasi Terpadu CPU dan GPU

NVIDIA berencana untuk mengintegrasikan sebuah interkoneksi berkecepatan tinggi, yang dinamakan NVIDIA® NVLink™, kedalam GPU nya dimasa depan, memungkinkan GPU dan CPU untuk berbagi data lima hingga dua belas kali lebih cepat dibandingkan yang telah ada sekarang ini. Hal ini akan menghilangkan hambatan lama dan membantu membuka jalan bagi generasi baru untuk meningkatkan superkomputer menjadi 50-100 kali lebih cepat dibandingkan dengan sistem canggih yang ada sekarang ini.

IMG0044400_1

nvidia-NVLINK-645x351

NVIDIA akan menambahkan teknologi NVLink ke dalam arsitektur Pascal GPU – diharapkan dapat diperkenalkan pada tahun 2016 –setelah arsitektur terbaru tahun ini NVIDIA Maxwell compute architecture.  Interkoneksi baru ini dikembangkan bersama dengan IBM, dimana menggabungkan dalam versi POWER CPU masa depan nya.

“Teknologi NVLink membuka potensi penuh GPU dengan secara dramatis meningkatkan pergerakan data antara CPU dan GPU, meminimalkan waktu untuk GPU menunggu data yang akan di proses,” ujar Brian Kelleher, senior vice president of GPU Engineering NVIDIA.

“NVLink memungkinkan pertukaran data yang cepat antara CPU dan GPU, dengan demikian meningkatkan arus data melalui sistem komputasi dan mengatasi hambatan utama untuk akselerasi komputasi yang ada sekarang ini,” ujar Bradley McCredie, vice president and IBM Fellow di IBM. “NVLink membuatnya mudah untuk para developer memodifikasi kinerja tinggi dan aplikasi analisis data untuk mendapatkan keuntungan dari akselerasi sistem CPU-GPU. Kami berpendapat bahwa teknologi ini merupakan kontribusi yang signifikan untuk ekosistem OpenPOWER kami.”

pascal-module

Dengan teknologi NVLink menggabungkan secara erat POWER CPU IBM dengan NVIDIA Tesla® GPU, POWER data center ecosystem akan mampu sepenuhnya memanfaatkan akselerasi GPU untuk berbagai macam aplikasi, seperti komputasi berkinerja tinggi, analisis data dan machine learning.

Keuntungan Lebih dari PCI Express 3.0
GPU yang ada saat ini terhubung dengan CPU x86 melalui interface PCI Express (PCIe), yang membatasi kemampuan GPU untuk melakukan akses pada sistem memori CPU dan ini empat hingga lima kali lebih lambat dibandingkan dengan sistem memori CPU standard. PCIe merupakan hambatan yang lebih besar antara GPU dan IBM POWER CPU, yang memiliki bandwith lebih banyak dibandingkan CPU x86. Interface NVLink akan menyesuaikan bandwith dari sistem memori CPU standard, ini akan memungkinkan GPU untuk melakukan akses pada memori CPU saat bandwith penuh.

Interkoneksi bandwith yang tinggi ini akan secara dramatis meningkatkan kinerja aplikasi software terakselerasi. Dikarenakan perbedaan sistem memori – GPU cepat tapi memiliki memori kecil, dan CPU memiliki memori besar tetapi lambat – akselerasi aplikasi komputing secara tipikal memindahkan data dari jaringan atau penyimpanan disk ke memori CPU, dan kemudian menyalin data ke memori GPU sebelum dapat berderak oleh GPU. Dengan NVLink, data berpindah antara memori CPU dan memori GPU dengan kecepatan lebih cepat, membuat GPU-accelerated applications berjalan lebih cepat.

Fitur Unified Memory
Pergerakan data lebih cepat, ditambah dengan fitur lain yang dikenal sebagai Unified Memory, akan menyederhanakan program akselerator GPU. Unified Memory memungkinkan programer untuk memperlakukan memori CPU dan GPU sebagai satu kesatuan memori. Programer dapat mengoperasikan data tanpa perlu khawatir apakah data tersebut berada dalam memori CPU atau GPU.

Meskipun GPU NVIDIA masa depan akan terus mendukung PCIe, teknologi NVLink akan digunakan untuk menghubungkan GPU ke NVLink-enabled CPU juga memberikan koneksi bandwith tinggi secara langsung antara beberapa GPU. Juga, selain bandwith yang sangat tinggi, NVLink secara substansial lebih hemat energi per bit yang di pindahkannya dibandingkan PCIe.

NVIDIA telah merancang modul untuk “rumah” GPU berdasarkan arsitektur Pascal dengan NVLink. Modul GPU baru ini memiliki ukuran sepertiga ukuran standard papan PCIe yang digunakan oleh GPU saat ini. Konektor-konektor pada bagian bawah dari modul pascal memungkinkannya untuk dapat dihubungkan ke motherboard, memperbaiki desain sistem dan integritas sinyal.

Interkoneksi berkecepatan tinggi NVLink akan memungkinkan penggabungan ketat sistem yang menyajikan jalan ke efisiensi energi tinggi dan scalable exascale supercomputer, berkerja pada 1.000 petaflops (1 x 1018 floating point operations per second), atau 50 hingga 100 kali lebih cepat dibandingkan sistem yang ada sekarang.

Untuk dapat terus mendapatkan informasi terkini mengenai NVIDIA:

  • Like NVIDIA di Facebook.
  • Terhubung dengan NVIDIA pada LinkedIn.
  • Menggunakan #GTC14 pada Twitter.
  • Melihat video-video NVIDIA di YouTube.
  • Jelajahi lebih lanjut di NVIDIA Blog.
  • Gunakan Pulse news reader untuk berlangganan NVIDIA Daily News feed.
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES