[PR] Pentingnya Personal Konten Untuk Kesuksesan Penerapan Digital Marketing

Reading time:
April 10, 2014

SINGAPURA, 10 April 2014 – Mulai dari pebisnis, pelaku usaha, perusahaan-perusahaan, dan para marketer telah memuji digital marketing sebagai sarana terpilih untuk menjalankan aktivitas marketing, seperti kampanye maupun promosi. Digital marketing kini telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Semakin melekatnya Internet dalam gaya hidup konsumen di era ini, manusia kini tidak bisa lepas dari perangkat yang terhubung dengan internet dikarenakan banyak pekerjaan maupun kegiatan yang memerlukan akses internet. Salah satunya pendorong utamanya adalah penggunaan ponsel pintar (smartphone) yang memiliki jaringan internet dengan berbagai aplikasi. Oleh karena itu, para marketer dituntut untuk mengenal dan menggali lebih dalam mengenai dunia digital guna memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin meningkat dan beragam. Mereka akan mendambakan personal konten dan iklan yang lebih menarik dan pintar.

Memandang fenomena ini, Mathur yakin bahwa saat ini merupakan waktu yang sangat tepat bagi dunia digital untuk memaparkan pandangannya mengenai eksistensi digital marketing saat ini dan di masa yang akan datang serta dampak digital marketing terhadap para marketer dan konsumen. Mathur berbagi sekilas mengenai topik ‘Aligning Mobile Marketing with Consumer Behaviour to Derive Greater ROI’ at the CommunicAsia2014 Summit yang akan ia sampaikan pada Summit CommunicAsia2014 pada tanggal 18 Juni mendatang di Marina Bay Sands, Singapura.

 

Perangkat mobile menjadi yang utama dalam pendekatan digital marketing

D743D39E-EEB1-4F08-893F-5D5B594F57EC

Teknologi menjadi faktor yang diperhitungkan dalam perencanaan program pemasaran. Dunia digital telah memperoleh tempat dalam dunia pemasaran dan dalam berbagai kasus telah menjadi bagian yang terintegrasi dari perencanaan pemasaran. Dengan meningkatnya permintaan untuk experience cross-screen dari pengguna internet, mobile marketing menjadi peluang yang sangat besar. Konsumen tidak hanya menggunakan smartphone tetapi juga mengandalkan tablet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka terhadap internet.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Yahoo! bersama dengan Mindshare menunjukkan bahwa pengguna internet log-in hampir sepanjang hari – di rumah, kantor, dalam perjalanan dan mereka menggunakan perangkat yang berbeda untuk melakukan berbagai jenis kegiatan dari komunikasi sampai mengkonsumsi konten di internet hanya untuk ‘membunuh waktu’. Mereka menghabiskan waktu mereka di Internet untuk mendapatkan berbagai informasi, menikmati konten atau bersantai dan menjelajahi hal-hal menarik lainnya. Hal ini merupakan angin segar bagi berbagai perusahaan karena kini mereka dapat dengan mudah terhubung dengan para pelanggan melalui perangkat mobile, dan hal ini menjadi kesempatan besar bagi mobile marketing.  Namun perlu berhati-hati, karena iklan yang bertubi-tubi dan dengan konten yang tidak relevan serta tidak tepat sasaran dapat membuat pengguna jengah.

Berikut beberapa tips mobile marketing yang efektif:

  • Pendekatan Personal – hal ini mungkin merupakan hal terpenting bagi konten marketing secara mobile. Konten yang tidak sesuai dengan kegemaran dan hal-hal yang paling banyak dicari target pengguna, tidak akan dapat bekerja dengan maksimal. Dengan tingkat perhatian konsumen yang kian rendah belakangan ini, konten yang relevan menjadi harga mutlak bagi keberhasilan mobile marketing.
  • Tetapkan Target yang Tepat – Agar pendekatan menjadi  lebih efektif, sangatlah penting untuk mengetahui dimana target pelanggan Anda ‘beredar’.  Namun, penargetan tidak dapat didasarkan hanya pada asas kepercayaan.
  • Mobile adalah yang utama – Apabila perusahaan tidak mengutamakan mobile dalam pendekatan digital marketingnya, maka mereka akan kehilangan peluang pasar yang besar. Tidaklah cukup untuk berada di lingkungan mobile, namun para marketer perlu membangun strategi marketing melalui media tersebut.
  • Cross-screen narratives Perangkat mobile seringkali dianggap sebagai teman menonton TV ataupun teman beraktivitas ketika menggunakan PC. Perusahaan perlu menciptakan konten yang sesuai dan fleksibel untuk berbagai perangkat dan tidak hanya memformat ulang konten yang sama ke dalam media yang berbeda.

Pengalaman pengguna yang terus berubah

Pengguna ponsel sangat menuntut dan pada saat yang bersamaan, pengalaman demi pengalaman kian berkembang – desain yang lebih baik, kegunaan yang lebih baik, lebih intuitif, lebih cepat, begitu seterusnya. Ini jelas berarti bahwa user experience tidak lagi hanya pemanis untuk product experience, namun merupakan bagian menarik yang tidak terpisahkan dan akan mendorong keterlibatan untuk menarik pelanggan baru. Perlu dipertegas bahwa internet bukan hanya untuk kebutuhan fungsional saja, namun harus tetap inspiratif dan menghibur. Sangat penting untuk memperhatikan perubahan kebutuhan konsumen dan serta terus-menerus meningkatkan user experience.

Konten yang menarik sangatlah penting bagi pemasaran

Masyarkat saat ini ini secara terus-menerus selalu terhubung dengan Internet untuk mengkonsumsi konten dengan menggunakan perangkat yang berbeda pada waktu yang berbeda. Mereka cerdas, dengan rentang perhatian yang rendah dan terbuka untuk terlibat dengan merek hanya jika mereka menemukan alasan yang kuat untuk terhubung. Konten yang menarik adalah magnet kuat yang dapat menarik pengguna untuk tidak hanya mengkonsumsi, tetapi juga memulai percakapan dengan merek. Hal ini telah menyebabkan pemasaran konten muncul sebagai alat yang ampuh bagi pemasar digital untuk menghasilkan keterlibatan yang lebih dalam dengan pengguna, dan juga untuk menjangkau konsumen baru.

Konten pemasaran dapat digunakan secara efektif untuk memperkuat narasi merek seiring dengan kemampuan Internet dan media sosial untuk memungkinkan konsumsi konten dalam skala besar – dengan inbuilt attributes of sharing, dan dengan demikian memiliki potensi untuk menyebar secara virus, dan dengan kecepatan yang luar biasa. Hal ini juga mendorong dialog dua arah antara audiens dan merek – yang saling berbagi dan oleh karena itu hubungan yang lebih mendalam tercipta antara keduanya. Pemasaran mengambil langkah baru sebagai merek yang beralih menjadi publisher untuk tidak hanya menargetkan konsumen, tetapi membuat mereka lebih terlibat.

Tantangan ke depan

Saat ini, Internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari konsumen. Mereka mengkonsumsi berita, hiburan, berhubungan dengan orang dengan kesamaan minat, berbagi foto & video, menyukai atau tidak  menyukai sesuatu dan tak jarang menjadikan mereka sebagai self-publishers dengan berkontribusi terhadap konten di web. Ada sebuah interaksi besar antar berbagai perangkat yang berjalan setiap harinya.. Pada waktu yang bersamaan, konsumen juga memiliki rentang perhatian (attention span) yang sangat pendek Hal ini dikarenakan mereka terus-menerus melakukan multi-tasking dan selalu bergantung pada perangkat mereka.

Untuk para marketer, internet senantiasa menawarkan berbagai kesempatan besar, namun, rentang perhatian konsumen menjadi tantangan besar. Satu-satunya solusi adalah dengan menyajikan konten yang semenarik mungkin, terlibat dalam percakapan yang bermutu dan cepat, serta selalu beradaptasi dengan tren yang akan datang. Semua harus dilakukan pada skala besar. Hal-hal ini dapat meningkatkan investasi dalam era digital – tidak hanya dari perspektif pengeluaran biaya, namun juga waktu dan sumber daya. Marketing profesional juga perlu memiliki rencana yang lebih fleksibel dimana dapat diubah sewaktu-waktu karena preferensi konsumen tidak dapat diprediksi dan melebihi strategi dan rencana tahunan. Yang terakhir namun tak kalah pentingnya, terdapat suatu kebutuhan besar akan strategi pemasaran yang tidak biasa. Perusahaan perlu sumber daya manusia yang pintar bercerita, menulis kreatif, ahli dalam produksi, publisher dan pintar dalam menggunakan media sosial untuk melengkapi strategi reguler dengan bantuan ahli ATL dan BTL (below the line dan above the line).

Sesi mengenai Mobile Marketing: Unggul di Dunia Bisnis Yang Kompetitif

Sesi ini diadakan pada tanggal 18 Juni di CommunicAsia2014 Summit dan akan memberikan kesempatan untuk mempelajari strategi monetisasi terbaru, manfaat analisis data, praktik terbaik, dan teknik terbaru dalam iklan mobile dan layanan berbasis lokasi.

Pembicara ahli lainnya yang berpartisipasi bersama Mathur meliputi:

  • Sergio Salvador, Head of Southeast Asia, Strategic Partnerships, Google
  • Carl Costa, GM and MD, StrikeAd APAC Christian Geissendoerfer, Founder dan CEO, YOOSE
  • Colin Miles, Vice President of Corporate Marketing InternetQPLC & Chairman, MEF Asia
  • Craig-Law Smith Director of Business Development dan Strategy, Global Advertising, SingTel
  • Julian Tol, Founder & Executive Director, BRANDSCREEN
  • Sephi Shapira, CEO and Founder, MassiveImpact

Bagian dari CommunicAsia2014, acara terkemuka di Asia untuk industri ICT, Summit CommunicAsia2014 akan diselenggarakan selama empat hari pada 17-20 Juni di Marina Bay Sands, Singapura.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…