Preview Singkat Motherboard ASUS Z97 Deluxe

Reading time:
April 29, 2014
Z97_1

 

Motherboard LGA1150 dengan chipset Z97 sudah mulai bermunculan. ASUS tidak ingin ketinggalan dengan juga memamerkan serangkaian produk Z97 mereka pada event ASUS Technical Seminar 2014 pada tanggal 23 April 2014 lalu. Acara yang dihadiri oleh JagatReview tersebut menunjukkan beberapa solusi motherboard Z97 dari ASUS, mulai dari seri biasa, TUF(The Ultimate Force), dan juga ROG(Republic of Gamers).

Kami menyempatkan diri untuk melihat salah satu motherboard tersebut lebih dekat, yakni ASUS Z97 Deluxe. Mari simak preview singkatnya!

Z97Deluxe_01

Motherboard ASUS seri ‘standar’(yang memang tidak diberi nama seri khusus, berbeda dengan TUF dan ROG) generasi sebelumnya sangat dikenal dengan penggunaan warna emas pada motherboardnya. Banyak yang kurang menyukai skema warna ini karena dinilai terlampau ‘mencolok’ dan kurang cocok dengan warna periferal lain. Untungnya, pada generasi ini, ASUS berhasil mengemas warna emas ini menjadi sebuah desain yang memberikan kesan elegan.

Kaya Fitur

Berbeda dengan ASUS Seri TUF yang dirancang untuk ketahanan, serta ASUS Seri ROG yang dibuat untuk para gamer dan overclocker, motherboard ASUS seri ‘standar’ kadang dinilai tidak memiliki ciri ‘khas'(selain warna emas-nya :p).  Namun ASUS berusaha untuk membuktikan bahwa motherboard seri ‘standar’ mereka memiliki kelebihan dari motherboard lain dengan menyematkan banyak sekali fitur tambahan pada motherboardnya. Kami mem-bold kata ‘banyak’ disana karena memang fungsi tambahan yang diberikan teramat banyak.  Berikut ini contohnya :

5-Way Optimization

Z97_2

5-Way Optimization merupakan sebuah fitur dimana para pengguna bisa mengoptimalkan seluruh sistemnya dengan hanya satu klik pada software. Sesuai dengan namanya, 5-way optimization mengijinkan penggunanya untuk mengoptimalkan sistem dengan 5(lima) metoda:

  1. TPU (TurboV Processing Unit)
  2. EPU (Energy Processing Unit)
  3. Fan Xpert 3
  4. DIGI+ Power
  5. Turbo App

Mari lihat optimisasi yang ditawarkan oleh ASUS ini lebih dekat

TPU

Z97_5

 

Kependekan dari TurboV Processing Unit, TPU memberikan performa ekstra lewat CPU Tuning otomatis. TPU memiliki serangkaian algoritma khusus yang akan menguji kemampuan overclocking pada prosesor si pengguna, lalu melakukan automatic overclocking yang masih masuk dalam taraf aman untuk memberikan kinerja ekstra.

 

EPU

 

Z97_7

 

EPU(Energy Processing Unit) adalah fitur dari ASUS yang bertujuan untuk menghemat daya dari sistem anda. Saat sistem anda idle atau tidak digunakan, ASUS EPU akan melakukan serangkaian perhitungan untuk membuat sistem anda mengonsumsi daya minimal, seperti mematikan beberapa controller pada motherboard yang sedang tidak dipakai.

 

Fan Xpert 3

 

Z97_4

 

Fan Xpert 3 memberikan pengguna keleluasaan untuk mengatur semua fan yang terpasang melalui konektor fan di motherboard. Selain pengaturan manual, Fan Xpert 3 juga dapat melakukan pengaturan fan otomatis berdasarkan suhu ambient yang ditangkap oleh sensor pada motherboard.

 

DIGI+ Power

 

Z97_6

 

Fitur DIGI+ Power bukan sesuatu yang baru pada motherboard ASUS, karena sudah diterapkan pada motherboard generasi-generasi sebelumnya. Secara singkat, DIGI+ Power memberikan akses bagi pengguna untuk mengatur berbagai parameter VRM(Voltage Regulator Module) pada motherboard, melalui sebuah software. Pengaturan ini bisa dilakukan di dalam OS.

 

Turbo App

Z97_3

Fitur baru yang ada pada generasi ini adalah Turbo App, yakni sebuah control panel yang memberi anda akses pengaturan pada semua software yang terinstall pada PC anda, dimana anda bisa mengatur performa sistem, mode Audio, dan Mode Network pada setiap aplikasi secara spesifik, sesuai kebutuhan anda.

 

UEFI BIOS

Z97_8

Antarmuka UEFI BIOS pada seri Z97 telah diperbaharui. ASUS mengatakan bahwa sekarang UEFI BIOS mereka lebih user-friendly bagi pengguna awam.

 

Crystal Sound 2

Z97_9

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas audio pada motherboard mereka, ASUS menanamkan ‘Crystal Sound 2’.  Solusi Crystal Sound 2 memberikan peningkatan melalui penggunaan komponen yang baik, desain PCB yang dioptimalkan, serta penggunaan Audio Amplifier.

 

NFC Express 2

Z97_10 Z97_11 Z97_12

 

Untuk pengguna yang membutuhkan konektivitas ekstra, ASUS menyertakan perangkat NFC Express 2. Sebagai tambahan, ASUS pun menyertakan sebuah wireless charger. (kedua aksesori ini hanya disertakan untuk model Z97 Deluxe khusus)

Mari lihat motherboard Z97 Deluxe lebih dekat pada halaman berikutnya!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…
March 6, 2024 - 0

Makin Optimal, Tuntutan VGA Minimum Alan Wake 2 versi PC Turun!

  Berbeda dengan konsol yang dibangun dengan hanya satu spesifikasi…