in: HSF - Cooling Devices | April 7, 2014 | by: Reza Afrian Ramadhan

Review Deepcool Gabriel: Heatsink Mini-ITX Murah dengan Performa Baik!

PC dengan ukuran mungil sedang digandrungi di kalangan enthusiast. Form factor yang kecil ini biasanya menggunakan motherboard mini ITX berukuran 17 cm x 17 cm. Meski kecil, PC-PC mini ITX ini bisa saja memiliki performa yang setara dengan PC berukuran besar(Full ATX), selama komponen yang digunakan juga mendukung. Banyaknya vendor yang saat ini mendukung pengembangan PC berukuran mini-ITX membuat sistem tersebut makin naik daun.

Harga dan ukuran adalah beberapa poin penting yang diperhatikan saat kita memilih komponen untuk membangun PC berukuran mini-ITX, baik itu casing, power supply, dan juga heatsink. Karena ukuran casing dari mini-ITX yang bervariasi, terkadang ukuran menjadi elemen yang sangat penting dalam pemilihan komponen, terutama dalam memilih heatsink. Deepcool, beberapa waktu lalu meluncurkan heatsink mini-ITX dengan nama yang dinspirasikan dari malaikat, yaitu Gabriel.

Ditujukan untuk pengguna sistem mini-ITX, heatsink ini siap membantu meredam panas di sistem mini-ITX Anda. Penasaran dengan performanya? Mari kita simak review nya dibawah ini!

Gallery

SONY DSC

Boks sisi depan dari Gabriel. Terlihat simbol Deepcool yang berbentuk seperti topeng dengan balutan warna hitam dan hijau.

SONY DSC

Di bagian belakang, terlihat spesifikasi tentang Gabriel ini.

 

SONY DSC

SONY DSC

Kemasan penjualan Gabriel ini terdiri dari 2 kotak yang bersambungan.

SONY DSC

Kotak yang berukuran kecil berisi kipas yang berukuran 12 cm. Sedangkan kotak yang berukuran besar berisi heatsink.

Kelengkapan

SONY DSC

Paket penjualan yang disertakan dalam penjualan Deepcool Gabriel ini  memenuhi semua kebutuhan terkait pemasangan heatsink ini ke sistem. Paket penjualan tersebut terdiri dari:

 

SONY DSC

 

Nut untuk stand pada mounting bracket. Berfungsi untuk menyambungkan motherboard dengan heatsink.

SONY DSC

Baut untuk mengunci mounting ke motherboard.

SONY DSC

Baut untuk mengunci mounting bracket  ke heatsink.

SONY DSC

AMD mounting bracket untuk soket FM 1/2, AM 2/2+/3/3+ dan socket lama seperti 940, 939 dan 754.

SONY DSC

Intel mounting bracket untuk soket LGA 115X.

SONY DSC

Thermal Paste.

Heatsink

SONY DSC

Inilah Deepcool Gabriel, HSF yang menjadi topik utama artikel ini! Terlihat 4 buah heatpipe yang siap meredam panas yang dimiliki HSF ini.

SONY DSC

Bagian belakang dari heatsink, terdapat 4 buah heatpipe dan juga logo dari Deepcool untuk produk eksklusif mereka.

SONY DSC

SONY DSC

 

Bagian sisi dari heatsink. Terlihat bahwa sirip-sirip heatsink DeepCool Gabriel cukup rapat. Perlu diketahui semakin rapat sirip dari heatsink maka kemampuan untuk meredam panasnya akan semakin baik, selama kipasnya mampu ‘membuang’ panas tersebut dengan efektif. Hal ini akan coba kami buktikan di pengujian ini.

SONY DSC

4 buah ujung heatpipe yang terlihat di sisi depan heatsink ini.

SONY DSC

Bagian bawah heatsink. Deepcool melindungi base tersebut dengan stiker untuk mencegah goresan ketika proses pengemasan perangkat. Tidak lupa juga, di stiker itu dituliskan peringatan agar melepas stiker saat ingin memasang heatsink ke motherboard.

 

 

SONY DSC

SONY DSC

Fan yang diberikan pada paket penjualan. Fan ini berukuran 12 cm yang berjalan di kecepatan 900-1800 RPM. Kabel dari fan ini cukup menarik, dengan warna putih transparan yang diklaim mampu bertahan lebih lama dibandingkan kabel fan pada umumnya.

SONY DSC

Mounting fan untuk memasang fan ke heatsink.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES