in: Gadget | April 10, 2014 | by: Dimas Galih Windujati

Review Nokia Lumia 1020: Windows Phone 8 dengan Kamera Terbaik

Walaupun smartphone dengan sistem operasi Windows Phone 8 masih memiliki pangsa pasar yang kecil, namun lambat laun penggunanya bertambah banyak. Sebagian besar dari Windows Phone 8 yang ada dipasaran adalah smartphone buatan Nokia dengan nama Lumia. Yang membuat smartphone buatan Nokia ini menarik dibandingkan dengan lainnya adalah keseriusan Nokia dalam membenamkan feature serta aplikasi mereka sendiri.

Nokia Lumia 1020

Berbicara mengenai feature, sebuah smartphone Lumia datang ke meja pengujian tim Jagatreview. Smartphone ini bernama Nokia Lumia 1020 yang memiliki kamera dengan sensor 41 megapiksel. Ya, Anda tidak salah baca, 41 megapiksel. Hal inilah yang membuat Lumia 1020 berbeda dengan smartphone Windows Phone 8 lainnya, bahkan dengan smartphone Lumia yang lain.

Salah satu keunikan smartphone Nokia adalah banyaknya pilihan warna untuk back cover-nya. Lumia 1020 sendiri memiliki tiga buah warna, yaitu hitam, putih, dan kuning. Pada produk sampel yang kami dapatkan ini memiliki warna kuning. Sayangnya, produk demo yang kami dapatkan tidak lengkap.

Nokia Lumia 1020 - Belakang

Nokia Lumia 1020 menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon MSM8960 dengan prosesor dual core Krait 400 berkecepatan 1,5 GHz dan graphics Adreno 225. RAM yang terpasang pada smartphone ini berkapasitas 2 GB dan storage internalnya adalah 32 GB. Untuk produk sampel yang kami dapatkan sudah menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 General Distribution Release 3 versi Nokia atau disebut dengan Lumia Black.

Sistem Operasi: Windows Phone 8 GDR 3

Nokia Lumia 1020 - Lock Screen

Cukup banyak bugfix yang diterapkan serta beberapa feature penting yang dimasukkan pada WP8 GDR 3 ini. Pada versi Lumia Black, salah satu feature penting yang dimasukkan oleh Nokia adalah perbaikan pada kameranya.Rencananya, Nokia juga akan mengeluarkan sebuah update agar Lumia 1020 dapat menyimpan file RAW. Di masa depan, Lumia 1020 dikabarkan akan mendapatkan update untuk sistem operasi Windows Phone 8.1. Semoga saja, update tersebut dikeluarkan oleh Nokia dalam waktu dekat.

Nokia Lumia 1020 - About

Seperti standar sebuah smartphone Windows Phone 8, antar mukanya dibagi dalam dua bagian, Start Screen dan Menu Screen. Microsoft memang membuat desain Windows Phone 8 seminimal mungkin agar mudah digunakan oleh pengguna awam sekalipun.

Nokia Lumia 1020 - Start ScreenNokia Lumia 1020 - Menu Screen

Anda tinggal menggeser ke kanan dan ke kiri untuk mengganti antara Start Screen dan Menu Screen. Anda pun dapat menekan tombol back selama dua detik untuk menampilkan beberapa aplikasi yang jalan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES