in: Software | April 9, 2014 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Selamat Jalan, Windows XP !

XPBootScreen

Siapa tak kenal Windows XP? Meski sudah uzur, Sistem Operasi(OS) yang dirilis tanggal 24 Agustus 2001 tersebut masih menjadi salah satu OS yang popular di kalangan pengguna PC. Bahkan, menurut  PCWorld, hampir sepertiga pengguna PC di dunia masih menggunakan OS lama tersebut. Namun segala yang pernah berawal pastinya akan berakhir, dan tepat tanggal 8 April 2014 ini, Microsoft akan menghentikan semua technical support dan juga security updates bagi OS Windows XP.

PCworld_April2014
Sumber: PCWorld, April 2014

Dukungan berakhir, lalu bagaimana?

Timer3

Anda yang masih menggunakan OS Windows XP pada komputer anda tidak perlu panik, berhentinya dukungan dari Microsoft ini tidak lantas membuat OS anda akan rusak dan tidak bisa digunakan. Hanya saja, anda tidak bisa lagi menerima windows update, (terutama patch keamanan) yang mungkin akan membuat OS anda rentan dari malware dan berbagai exploit lainnya.

Di lain hal, dihentikannya support dari Microsoft akan OS ini juga mungkin akan membuat para vendor hardware mengurangi dukungan driver atas hardware mereka kepada Windows XP.

 

XP, Dicintai dari Masa ke Masa

XP_Bliss_ed
Wallpaper ‘Bliss’ yang popular karena menjadi wallpaper default Windows XP

Bagi anda yang sempat merasakan berpindah dari OS Windows 98SE ke Windows XP, pengalaman upgrade tersebut mungkin menjadi salah satu yang paling menyenangkan. Meski masih memiliki sedikit masalah pada awal adopsinya, Windows XP (terutama setelah Service Pack 1 dirilis) langsung membuktikan bahwa dirinya layak dijadikan OS pilihan pada masanya. Dukungan multi-prosesor, multi-tasking yang baik, serta dukungan driver dari berbagai vendor atas Windows XP membuat sistem operasi yang sudah berumur lebih dari 12 tahun ini mendapatkan berbagai respon positif dari pengguna PC.

Suksesnya Windows XP bahkan disinyalir menjadi salah satu alasan mengapa para pengguna enggan pindah ke OS yang lain, bahkan saat Microsoft menawarkan OS mereka yang berikutnya, yakni Windows Vista. Yang menarik adalah sampai Windows 7 dirilis sekalipun, OS Windows XP masih dilirik pengguna lama. Hal ini tidak pernah terjadi pada OS Microsoft yang sebelumnya!

Dan sampai ‘akhir hayat’-nya, masih ada pengguna PC yang menggunakan XP dengan alasan kompatibilitas software mereka(Misal: Software Point-of-sales yang tidak diupgrade), dan juga alasan yang lebih penting: Hardware lama mereka tidak mendukung OS baru.

Selamat Jalan dan Terima Kasih Windows XP!

XPShutdown_A

Meski dukungan pada Windows XP resmi berakhir hari ini, kami yakin masih banyak pengguna XP yang terus menggunakan OS favoritnya tersebut, entah karena enggan upgrade, hardware terlalu uzur, maupun alasan-alasan lain. Saya pribadi sebagai overclocker kadang masih memanfaatkan OS Windows XP karena pada OS ini saya mendapat skor benchmark 3DMark2001SE dan juga SuperPI 32M tertinggi, haha :p.

Oh ya, tadi pagi kami sempat melihat-lihat reaksi berbagai pengguna seputar berakhirnya dukungan akan OS XP ini dan menemukan sebuah video unik yang dibuat seorang user di Youtube tentang ‘kematian’ Windows XP. Silahkan disimak!

(bagi pencinta Windows XP, siapkan tisu :p)

 

 

XPShutDown

Thanks and goodbye, Windows XP…you’ll be remembered forever!

 

Sumber

 

 

 

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES