in: News | April 3, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Sistem Navigasi Satelit Rusia Alami Gangguan

Sebuah masalah yang tidak diketahui sumbernya membuat sistem navigasi berbasis satelit milik Rusia, GLONASS, mengalami gangguan pada hari Selasa lalu. Pengguna perangkat dengan kemampuan navigasi melalui satelit, seperti smartphone modern, yang memanfaatkan layanan GLONASS disebut sempat kesulitan mendapatkan informasi terkait posisi mereka di peta karena masalah ini. Untungnya, masalah tersebut tidak berlangsung lama dan dapat diatasi dalam waktu kurang lebih 11 jam.

GLONASS_Satellite

Operator GLONASS, Russian Federal Space Agency, memang telah memberikan laporan terkait gangguan pada sistem tersebut di situs resmi mereka. Berdasarkan informasi yang ada, hari Selasa lalu, 24 satelit yang tergabung dalam sistem GLONASS terus menerus memberikan koordinat yang salah. Akibatnya, pengguna sistem navigasi yang mengandalkan sinyal dari GLONASS menjadi tidak dapat menemukan lokasinya dengan benar.

Untungnya, masalah pada GLONASS ini tidak berdampak pada sistem navigasi satelit lain, GPS. Walaupun banyak perangkat modern yang bisa memanfaatkan layanan GPS dan GLONASS secara bersamaan, gangguan pada GLONASS tidak mengurangi kemampuan perangkat dalam mendapatkan koordinat posisi yang tepat dari GPS. Hal itu tidak hanya terjadi di wilayah Rusia saja, tetapi juga di seluruh penjuru dunia yang bisa dijangkau oleh sistem GLONASS.

Sejauh ini, tidak ada informasi apapun yang diberikan pihak operator terkait detail gangguan pada GLONASS. Namun, menurut beberapa pihak yang sering berurusan dengan sistem navigasi satelit, hal seperti ini memang bisa saja terjadi dan bukanlah suatu hal yang luar biasa.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES