in: HSF - Cooling Devices | April 17, 2014 | by: Richard Sutanto

Tes Perbandingan 11 Heatsink Prosesor Murah

Prosedur Pengujian

Berikut ini prosedur pengukuran suhu yang terjadi di tes perbandingan ini :

  • Sistem dinyalakan, lalu dibiarkan idle pada Desktop selama 5 menit.
  • Software LinX 0.6.4 di-start, lalu Core Temp dinyalakan untuk logging suhu selama 15 menit LinX berjalan
  • Setelah 15 menit, logging dimatikan dan Core Temp ditutup, sistem dibiarkan idle selama 5 menit
  • Setelah 5 menit, Core Temp dinyalakan kembali untuk logging suhu idle selama 3 menit
  • Pengujian bisa diulang sampai 3(tiga) kali untuk mendapat hasil yang konstan

Dari prosedur diatas akan didapatkan :

  1. Suhu Average Full Load : merupakan suhu rata-rata semua core pada saat 15 menit Core Temp dan LinX berjalan
  2. Suhu Idle : merupakan suhu rata-rata dari semua core saat 3 menit idle (setelah load)
  3. Suhu Max. Peak: merupakan suhu maksimum dari salah satu Core yang tercatat selama 15 menit LinX berjalan

Pada skenario pengujian ini, kami menjaga suhu ruangan pada kisaran 27oC . Kami juga akan memasangkan heatsink dengan arah kipas menuju exhaust ke luar casing melalui ventilasi dan kipas pada bagian belakang casing. Power untuk kipas heatsink kami pasangkan langsung ke power supply, sehingga kipas akan berjalan pada kecepatan penuh dan memperlihatkan hasil maksimal dari heatsink yang kami uji.

Hasil

Berikut ini hasil pengujian dari 11 HSF yang singgah ke lab JagatReview, kami juga menyertakan hasil pengujian dengan Intel Stock HSF untuk perbandingan :

Graph_LoadIdle_ed
*klik untuk memperbesar*
Graph_Peak_ed
*klik untuk memperbesar*

Pada pengujian kami kali ini, Thermalright True Spirit 120 menunjukkan hasil yang paling baik dalam menahan suhu load processor dengan rata-rata suhu 52.3 oC, disusul tipis oleh Enermax ETS-T40-TB dengan dual fan yang menunjukkan suhu rata-rata 52.7 oC.  Baik Thermalright True Spirit dan Enermax ETS T40 menunjukkan suhu peak maksimum yang sama yakni 55 C. Pada posisi ketiga, kita bisa melihat Raijintek Themis disini, yang terpaut sekitar 1 C dari Thermalright.

 

Performance vs Price: ΔT per USD

Selain menilai mana HSF yang bisa memberikan suhu CPU terendah, kami juga memasukkan sebuah perhitungan sederhana untuk mengetahui nilai price vs performance setiap HSF disini, yang kami sebut ‘ΔT per USD’. Nilai ini diambil dari perbedaan Max. Peak Temperature antara stock HSF Intel dengan setiap HSF yang diuji, kemudian dibagi dengan harga masing-masing HSF.

Tujuan dari perhitungan ini adalah mencari mana HSF yang memberikan performa pendinginan terbaik saat dibandingkan dengan harganya. Makin besar angka ini, tentunya nilai performance vs price HSF tersebut akan makin baik. Berikut hasilnya:

Graph_TvsUSD_edit2

Menurut perhitungan ini, ada 2(dua) HSF yang memiliki value terbaik, yakni Deepcool Gammaxx 400 dan Thermaltake Contac 30. Meski bukan HSF dengan suhu paling baik, namun kedua HSF ini menawarkan performa yang memadai untuk harga yang ditawarkannya.

 

Best Performer: Thermalright True Spirit 120 & Enermax ETS-T40-TB

Seperti yang bisa dilihat pada tabel diatas, ada dua buah HSF yang menunjukkan performa diatas rata-rata, yakni Thermalright True Spirit 120 dan Enermax ETS-T40-TB. Keduanya memiliki Max. Peak Temperature yang sama. Disini juga Thermalright True Spirit 120 menunjukkan performa yang baik pada Average Load temperature, sedangkan Enermax ETS-T40 menunjukkan suhu yang sedikit lebih rendah saat sistem berpindah ke idle, mungkin pelepasan panas yang lebih baik ini dibantu oleh kipas Enermax ETS-T40 yang berjumlah dua buah.

Untuk kedua produk ini, JagatReview mengganjarnya dengan award ‘Best Performer’ :

ThermalrightTrueSpirit_performance

EnermaxETS-T40-TB_performance

 

 

 

Best Value: Deepcool Gammaxx 400

Berikutnya, meski Deepcool Gammaxx 400  bukan HSF yang memiliki suhu paling rendah pada pengujian ini, namun Gammaxx 400 mempunyai nilai price/performance yang baik. Tidak lupa juga, Gammaxx 400 merupakan HSF dengan harga kedua termurah di pengujian ini! Untuk itu, JagatReview memberinya award ‘Best Value’ :

Gammaxx400_value

 

 

Patut Dipertimbangkan: Raijintek Themis & Thermaltake Contac 30

SRajintek-Themis-BoxSThermaltake-Contact-30-Box-2

Kami ingin menambahkan, bahwa meski kedua HSF ini gagal mendapat award, namun kemampuan keduanya masih diatas rata-rata. Raijintek Themis mendapat posisi ketiga overall dari segi suhu average load, lalu Thermaltake Contac 30 memiliki rasio performance vs price kedua terbaik.

 

Penutup

Dengan ini, berakhirlah tes perbandingan HSF berharga murah dari kami. Seperti semua tes perbandingan lainnya, kami tetap menyerahkan pilihan kepada anda, para pembaca setia JagatReview. Pada uji singkat 11 HSF ini, kami hanya memfokuskan semua penilaian pada satu variabel saja, yakni kemampuan mendinginkan prosesor. Namun selain faktor performa dan harga masih ada beberapa variabel lain dalam pemilihan HSF, misalnya saja kemudahan pemasangan, kelengkapan ekstra, build quality,  tingkat kebisingan, dan lain-lain. Selalu gunakan preferensi personal Anda saat memilih produk terbaik bagi anda sendiri. Kriteria HSF yang baik untuk kami, belum tentu cocok dengan kebutuhan anda, bukan?

Selamat memilih HSF, dan sampai jumpa di pengujian kami yang lainnya, hanya di JagatReview!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags: