in: News | April 28, 2014 | by: Dedy Irvan

WaterForce, Solusi Liquid-Cooling Gigabyte untuk VGA Card

Salah satu vendor periferal PC terkemuka dari Taiwan, Gigabyte, beberapa waktu lalu memperkenalkan WaterForce, solusi liquid cooling kreasi mereka untuk graphics card. Penamaan WaterForce tersebut melanjutkan gaya penamaan mereka selama ini, di mana mereka telah memiliki solusi pendingin udara yang diberi nama WindForce.

WaterForce - 2

Untuk perangkat yang menempel di graphics card, berupa water block, Gigabyte mendesain water block tersebut untuk tidak hanya mendinginkan GPU saja, tetapi juga memori dan VRM. Sedangkan untuk mengalirkan cairan pendingin, Gigabyte melengkapi paket WaterForce dengan unit external yang berfungsi untuk menampung reservoir, radiator beserta kipasnya, serta pompa. Sebagai jalan untuk mengalirkan cairan ke sistem pendingin yang ada di dalam casing, Gigabyte menyediakan semacam aksesoris tambahan untuk 5.25″ drive bay yang akan menjadi jalan masuk untuk selang dari unit external.

WaterForce - 1

Unit external dari sistem pendingin WaterForce yang berukuran besar tersebut bisa memasok cairan pendingin untuk penggunaan sampai dengan 3 card. Selain itu, unit external di sistem demo yang ditampilkan Gigabyte tersebut juga dilengkapi panel informasi dan kontrol yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk melihat informasi beberapa hal terkait sistem pendingin tersebut, seperti suhu cairan pendingin. Pengguna juga dapat memanfaatkan panel kontrol untuk mengatur putaran kipas dan target suhu operasi serta tingkat kebisingan kipas yang ada.

Sayangnya, pihak Gigabyte belum memberikan lebih banyak informasi terkait WaterForce ini, termasuk ketersediaan water block, unit external, serta berbagai aksesoris lain.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES