in: News | May 7, 2014 | by: Ridwan Fariz

AMD Akhirnya Akan Gunakan OS Android!

Tidak dipungkiri jika OS milik Google dengan Android miliknya selama beberapa tahun terakhir ini meraih popularitas yang sangat tinggi, membuat berbagai vendor hardware melirik untuk mengadaptasi OS Android ini pada berbagai produk miliknya. Di sisi lain, kepopuleran Android ini berimbas pada menurunnya pasar penjualan PC/laptop dengan cukup signifikan secara global. Salah satu perusahaan pembuat chip terbesar yaitu Intel mulai mencoba peruntungannya pada pasar smartphone dan tablet berbasis Android ini beberapa waktu kebelakangan ini, walaupun untuk saat ini masih terlihat cukup berat untuk bersaing dengan perusahaan lain yang lebih lama memiliki pengalaman dengan gadget berbasis Android ini.

amd-skybridge-roadmap-2-100266192-large

Berita terbaru muncul dari “kubu merah” AMD yang akhirnya akan ikut menggunakan OS Android ini pada chip/prosesor miliknya, setelah sekian lama bertahan hanya dengan dukungan OS Windows. Kabar ini datang berbarengan dengan ditunjukkannya road map AMD terbaru untuk beberapa tahun mendatang, dengan memperkenalkan salah satu produknya “Project SkyBridge” untuk tahun 2015 mendatang. Project SkyBridge ini akan menggabungkan dua arsitektur prosesor x86 (20nm) dan ARM kedalam satu SoC.

Berbeda dengan Intel yang mengembangkan arsitektur chip x86 miliknya untuk menjalankan Android, AMD akan memanfaatkan prosesor ARM Cortex A-57 (64-bit) dengan gabungan GPU Graphics Core Next (GCN) andalannya, dan juga arsitektur HSA yang sedang dalam tahap pengembangan. Project SkyBridge ini akan berwujud Ultra Thin Client/tablet dan juga embedded device, namun sayangnya SoC ini belum akan digunakan untuk smartphone, dengan alasan AMD ingin berfokus untuk produk yang dapat menghadirkan komputasi bertenaga dan pengalaman grafis yang terbaik.

Dengan dukungan AMD untuk OS berbasis Android ini, bukan berarti AMD akan “menganak tirikan” OS Windows. Dikatakan jika AMD masih tetap memiliki fokus utama pada platform berbasis x86 ini, dan terus mengembangkannya pada kapabilitas tertingginya. Mari kita lihat saja implementasi Project AMD SkyBridge ini apakah akan membawa angin segar untuk AMD di masa depan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES