in: News | May 17, 2014 | by: Ozal

Apple Tak Ingin Lagi iPhone 4 Beredar di India

Awal Januari lalu, Apple mengatakan bakal memproduksi ulang iPhone 4 untuk memenuhi permintaan pasar di India. Namun tampaknya, Apple menunjukan sikap labilnya setelah empat bulan berlalu. Pihaknya dilaporkan akan segara menggantikan pasokan baru untuk smartphone yang telah berusia empat tahun itu.

iphone 4 india

Menurut sebuah laporan yang dibuat Times of India, penjualan iPhone 4 sudah dihentikan oleh tiga mitra dagang terbesar Apple di India. Bukan hanya dihentikan, mitra dagang juga menarik semua produk iPhone 4 di pasar. Padahal biasanya, penarikan produk hanya berlaku terhadap perangkat yang memiliki cacat produksi. Sekedar informasi, iPhone 4 (dengan garansi resmi distributor) di India sama halnya di Indonesia, dijual di bawah Rp Rp 3,8 juta.

Saat ini, pasar iPh0ne di India sedang menuju transisi besar-besaran. Apple telah memutuskan, iPhone 4S dan iPhone 5C versi 8GB akan menggantikan pasar iPhone 4 di pasar smartphone terbesar ketiga di dunia itu.

Belum lama ini, CEO Apple, Tim Cook, sempat mengatakan iPhone 4S telah menjadi kunci keberhasilan Apple di pasar negara berkembang seperti India. Dirinya mengklaim, lebih dari 60 persen pengguna iPhone 4S saat ini ialah pembeli yang sebelumnya pengguna Android.

Sejumlah mitra dagang pun berpandangan, iPhone 4 telah berhasil merealisasikan tujuan Apple dalam mempertahankan pangsa pasarnya di India. Pasalnya, menurut seorang sumber, pengguna iPhone sendiri cenderung akan menjadi fanboy Apple. Umumnya, mereka enggan beralih ke merek lainnya, setelah pertama kali menggunakan perangkat iOS.

Dalam hal ini, keberadaan iPhone 4 hanya sebagai pemikat agar pengguna smartphone Android di India beralih ke iOS. iPhone 4 juga lah yang dibeli oleh konsumen yang baru pertama kali membeli smartphone iOS. Dengan begitu, sejumlah pengguna yang sebelumnya memiliki iPhone 4, diharapkan bisa beralih ke smartphone Apple lainnya yang menawarkan spesifikasi lebih baik, seperti iPhone 4S atau layar yang lebih besar, seperti iPhone 5, 5C, dan 5S.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES