in: News | May 4, 2014 | by: Ozal

Biaya Komponen Google Glass Hanya US$ 80 Saja?

Biaya produksi sebuah kaca mata pintar buatan Google, Google Glass, ternyata tak setinggi harga jualnya yang mencapai US$ 1.500 per unit. Sebuah website yang biasa mempreteli gadget baru dan memberi taksiran biaya produksinya, Teardown.com, telah membocorkan harga komponen perangkat wearable tersebut.

glass 7

Menurut hasil analisa Teardown setelah membongkar Google Glass, total biaya komponen yang dikeluarkan Google hanya US$ 78,78 saja. Ini pertama kalinya biaya komponen Google Glass terungkap. Sebelumnya pernah ada yang membongkar komponen kaca mata tersebut, namun tidak memberikan rincian harga komponennya.

Biaya tersebut meliputi, seperti dikutip dari Wall Street Journal, layar hanya berbiaya US$ 3; baterai US$ 1,14; storage NAND Flash 16GB US$ 8,18; SDRAM US$ 4,68; dan yang paling mahal dari semua komponen tersebut ialah prosesor OMAP 4430 berbiaya US$ 13,96.

Googleglass

Biaya yang terhitung murah itu menimbulkan sejumlah pertanyaan publik, kenapa Google bisa menjual Google Glass dengan harga yang begitu tinggi. Google Glass pun bukan dirakit di Asia seperti yang banyak dilakukan vendor lain, melainkan di California, Amerika Serikat yang menjadi markas Google.

Terlebih, seandainya Google memproduksi Google Glass dalam jumlah banyak, maka biaya produksinya pun akan menjadi jauh lebih murah. Ini mengingat sejumlah komponen yang dipesan Google dari pemasok dalam jumlah banyak, nantinya akan mendapat ‘harga grosir’ alias lebih murah.

Atas laporan Teardown ini, seorang juru bicara Google hanya berkomentar, “benar-benar salah”. Sayangnya, Ia menolak berkomentar lebih lanjut. Perlu diketahui, angka yang diberikan Teardown tidak termasuk biaya pengembangan, pemasaran, upah insinyur yang menggarapnya, dan nilai eksklusifitas dari Google Glass itu sendiri. Saat ini, Google Glass masih tersedia dalam jumlah terbatas dan belum dijual secara massal, seperti halnya smartphone Android.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES