in: News | May 23, 2014 | by: Cerira

Cina Larang Penggunaan Windows 8 di Komputer Pemerintah

Windows8

Cina mengumumkan sebuah pelarangan terkait penggunaan OS terbaru dari Microsoft, yakni Windows 8. Cina melarang penggunaan tersebut khusus untuk komputer yang digunakan di seluruh kantor pemerintahan namun tidak melarang untuk penggunaan secara umum.

Menurut situs berita Cina Xinhua, pengumuman tersebut disampaikan oleh Central Government Procurement Center dimana disebutkan bahwa semua komputer pemerintah dilarang menginstal Windows 8 atau membeli piranti baru yang menggunakan software tersebut. Pemerintah memposting pesan yang berisi mengumumkan perubahan kebijakan tersebut minggu lalu.

Meskipun detail yang terkait dengan pelarangan tersebut tidak cukup jelas, pemerintah menyatakan bahwa mulai kini mereka hanya akan membeli produk IT yang hemat energi, baik dari komputer desktop, laptop hingga tablet. Disebutkan juga bahwa langkah tersebut juga termasuk melindungi keamanan komputer setelah Microsoft menghentikan perlindungan keamanan komputer di Windows XP yang hingga kini masih digunakan oleh sebagian besar komputer di negara tersebut. Menurut StatCounter, saat ini sistem Windows XP digunakan sebanyak 44% di Cina sedangkan Windows 8 hanya diinstal oleh sekitar 3.4% komputer yang ada di negara tersebut. Berita ini sendiri datang setelah Cina menekankan kepada Microsoft untuk menurunkan harga produk Windows mereka. Meskipun penggunaan Windows di Cina cukup rendah namun pemerintah Cina merupakan konsumen terbesar dari Microsoft.

Mendengar berita ini, menurut laporan dari PCWorld, Microsoft merasa sangat terkejut dan mereka menyatakan akan terus menyediakan Windows 7 untuk pelanggan di pemerintahan. Pada waktu yang bersamaan, Microsoft juga akan melakukan evaluasi Windows 8 dengan instansi pemerintah yang terkait.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES