in: News | May 23, 2014 | by: Ozal

Data Pengguna Xiaomi Dicuri Hacker

Baru-baru ini tersiar kabar bahwa vendor smartphone yang tengah naik daun, Xiaomi baru saja kecolongan data penggunanya oleh ulah hacker. Pihaknya juga sudah mengonfirmasi hal tersebut. Tampaknya, masalah ini timbul atas kecerobohan pihak Xiaomi sendiri di masa silam.

xiaomi 2

Menurut sebuah laporan dari media lokal, dikutip dari Cellular News, hacker berhasil mencuri data penggunanya yang terdaftar di forum website milik Xiaomi. Kebanyakan dari mereka ialah pengguna Xiaomi yang mendaftar di forum tersebut sebelum Agustus 2012 silam.

Yang cukup mengejutkan, data pengguna tersebut ternyata bukan dikelola langsung oleh pihaknya, melainkan oleh sebuah perusahaan outsourcing IT sebelum Agustus 2012 tersebut. Meski demikian, hal ini cukup ironis bagi sebuah vendor smartphone yang mempercayakan data penting penggunanya ke pihak ketiga.

Xiaomi belum mengungkapkan berapa banyak pelangganya telah terkena dampak serangan cyber ini. Pihaknya pun membantah rumor sebelumnya bahwa hacker telah memperoleh informasi penting dari delapan juta penggunanya. Saat ini, pengelolaan data pengguna Xiaomi tersebut sudah diambil alih oleh pihak Xiaomi langsung. Sejak Agustus 2012 sendiri, semua informasi penggunanya memang sudah dialihkan ke sistem lain yang telah dikodekan secara aman.

Pihaknya pun meminta maaf atas masalah yang secara tidak langsung akibat kelalaian Xiaomi. Sejumlah pengguna yang terkena dampak serangan cyber tersebut juga sudah dikirimkan email oleh Xiaomi agar mereset password mereka.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES