in: News | May 25, 2014 | by: Ozal

Google Glass Punya Efek Samping

Raksasa teknologi Google, memperingatkan kepada para pengguna Google Glass agar tidak memakai terlalu lama perangkat wearable tersebut. Pasalnya, kaca mata pintar tersebut menimbulkan efek samping kesehatan, terutama bagi yang pertama kali memakainya.

glass

Pihak Google mengatakan, kaca mata seharaga US$ 1.500 tersebut dapat menimbulkan rasa sakit bila dipakai terlalu lama oleh penggunanya. Google juga tidak menyarankan kaca mata dipakai untuk membaca. Mata pengguna butuh waktu lebih lama dalam beradaptasi dengan tampilan virtual reality di layar Google Glass, seperti halnya memakai kaca mata biasa.

Siapapun yang memiliki kaca mata ini dan mulai memakainya pertama kali, selalu ada masa penyesuaian sampai orang tersebut terbiasa memakainya“, kata seorang juru bicara Google, seperti dilansir dari BBC.

Peringatan ini datang setelah pihaknya menemukan sejumlah laporan bahwa pengguna merasa matanya mengalami perih dan kesakitan setelah menggunakan Google Glass. Bahkan, efek sakit mata tersebut bisa bertahan hingga seminggu lamanya.

Seperti yang sudah kami jelaskan di customer center, kaca mata tersebut dirancang untuk interaksi mikro dan tidak untuk melihat ke layar, menyaksikan film, ataupun keperluan membaca,” kata Google.

Menurut ahli, efek tersebut terjadi karena pengguna mesti melihat ke arah atas terus menerus lantaran posisi layar kecil atau lensa di Google Glass berada di atas. Ini berbeda dengan lensa kaca mata pada umumnya yang sejajar dengan arah pandang mata pemakainya. “Rasa sakit itu sebenarnya datang dari rasa tidak nyaman pada otot mata,” kata Eli Peli, ahli mata dari Universitas Harvard.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES