in: News | May 26, 2014 | by: Ozal

Google Lengserkan Apple Sebagai Merek Termahal di Dunia

Google kini didapuk sebagai sebuah merek paling berharga di dunia dibanding raksasa IT lainnya, seperti Apple dan Microsoft. Demikian hasil riset yang dilakukan The Brandzt, unit lembaga pemberi rating merek perusahaan global yang telah berkecimpung selama sembilan tahun.

apple google 3

“Google telah sangat inovatif pada tahun lalu dengan Google Glass-nya, inovasinya dalam kecerdasan buatan, dan banyaknya kemitraan di dalam sistem operasi Android serta sejumlah produknya lainnya, seperti mobil (Google Self-Driving),” kata Nick Cooper, managing director Millward Brown, lembaga yang membawahi riset The Brandzt.

Google berhasil menempati puncak untuk pertama kalinya dalam hal nilai merek perusahaan termahal di dunia. Pihaknya berhasil melengserkan posisi Apple yang selama tiga tahun berturut-turut selalu berada di puncak. Nilai merek Google sendiri melonjak 40 persen pada tahun lalu, sementara Apple merosot 20 persen. Dua raksasa IT lainnya yang masuk empat besar, yakni IBM (turun 4 persen) dan Microsoft (naik 29 persen).

“Semua hasil kegiatan ini dapat megirimkan sinyal yang sangat kuat kepada konsumen tentang apa itu Google dan itu juga bertepatan dengan perlambatan (rating nilai merek) di Apple,” ungkap Cooper.

Menurut perhitungan The Brandzt, merek global Google saat ini diperkirakan bernilai US$ 159 miliar. Sedangkan Apple bernilai US$ 148 miliar, lalu diikuti IBM US$ 108 miliar dan merek Microsoft bernilai US$ 90 miliar. Secara keseluruhan, keberadaan perusahaan teknologi telah mewakili 21 persen dari total 100 perusahaan lainnya yang masuk dalam daftar The Brandzt.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES