in: Notebook / Laptop - Tips | May 26, 2014 | by: Bimanto

Notebook AMD: Lebih Kencang dengan Memory Dual Channel

Jpeg

Saat ini, berbagai notebook dengan APU AMD yang beredar di pasaran umumnya sudah cukup mumpuni untuk penggunaan harian dan bermain game 3D pada resolusi dan setting tertentu. Akan tetapi, sadarkah Anda bahwa notebook-notebook yang menggunakan APU AMD di dalamnya masih dapat Anda tingkatkan kinerjanya? Hal itu umumnya dapat dilakukan dengan beberapa cara yang salah satunya adalah dengan mengaktifkan konfigurasi memori dual channel.

Kebanyakan notebook dengan APU AMD sebagai motor penggeraknya hanya menggunakan memori single channel. Produsen umumnya hanya menggunakan satu keping memori SODIMM DDR3, baik itu dengan kapasitas 2 GB atau 4 GB.

Bila Anda berencana untuk meningkatkan kinerja dari notebook berbasis AMD APU yang Anda miliki, cara yang paling mudah serta tidak memakan biaya yang terlalu besar adalah dengan menambahkan memori pada slot yang telah tersedia atau menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar. Satu hal yang pasti, penambahan memori tersebut harus mengaktifkan konfigurasi dual channel agar bandwidth memori yang tersedia untuk APU cukup besar.

klik untuk memperbesar

Satu hal yang wajib Anda ingat untuk meng-aktifkan dual channel memory ini adalah diperlukannya dua buah memory DDR3 SODIMM yang identik, baik itu dari segi kapasitas, frequency, SPD, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, disarankan agar Anda menggunakan dual-channek kit yang umumnya telah disediakan oleh berbagai produsen memori untuk praktek upgrade ini.

Pada kesempatan ini, tim lab JagatReview akan mencoba menunjukkan efek penggunaan memori dual channel pada beberapa notebook yang menggunakan APU AMD. Notebook tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda, namun semuanya menggunakan APU AMD dari berbagai seri. Berikut ini adalah spesifikasi notebook tersebut:

Acer Aspire V5-552G Lenovo G405S Toshiba L40D-A HP 14-n010AX
Prosesor A10 5757M A8 5550M A8 5545M A10 8745M
Graphics APU Radeon 8650G Radeon 8550G Radeon 8510G Radeon 8610G
Memory 4GB 4GB 4GB 4GB
Storage HDD 1TB HDD 500GB HDD 500GB HDD 500GB
Graphics Discrete
Radeon HD8750M Radeon 8500M no Radeon 8600M
Operation System Windows 8.1 no no uBuntu

Sebagai catatan tambahan, kami melakukan pengujian ini dengan menggunakan driver AMD Catalyst 14.4 terbaru yang bisa Anda download pada webside resmi AMD. Penggunaan driver terbaru ini menghadirkan settingan Dual Graphics dan meningkatkan kinerja dari GPU, baik yang tertanam pada prosesor atau graphics add on yang diberikan pada notebook tersebut. Untuk notebook yang tidak mempunyai sistem operasi pada paket penjualannya, kami menginstall OS Windows 7.

klik untuk memperbesar

Kami akan menjalankan beberapa benchmark untuk menunjukkan efek penambahan memory DDR3 SODIMM dan konfigurasi dual channel pada setiap notebook. Jumlah memori yang kami tambahkan sesuai dengan kapasitas yang diberikan pada paket penjualannya. Selain itu, kami juga akan melakukan uji pada keadaan Dual Graphics dan Single Graphics pada keadaan memori single channel dan dual channel.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES