in: News | May 24, 2014 | by: Ozal

Ponsel Braille Pertama di Dunia Dijual ke Publik

Perusahaan teknologi yang berbasis di London, OwnFone, berhasil menjadi vendor pertama di dunia yang menjual ponsel Braille yang dikhususkan bagi penyandang tunanetra.

braille

Ponsel tersebut ditujukan bagi pengguna berkebutuhan khusus yang sudah memiliki kemampuan membaca teks Braille. Pasalnya, sejumlah tombol di atas ponsel tersebut, berbentuk cetakan huruf Braille. Namun, pihaknya juga menyediakan ponsel dengan tombol teks bagi pengguna yang tak bisa membaca huruf Braille.

Harga ponsel tersebut terbilang cukup terjangkau. Hanya dijual 60 pundsterling atau sekitar Rp 1,1 jutaan saja. Pihaknya mengatakan, hampir keseluruhan bodi ponsel Braille dan tombolnya ini dibuat dengan printer 3D sehingga bisa meminimalisir biaya produksi. “Printer 3D menyediakan cara yang cepat dan hemat biaya dalam membuat tombol Braille“, kata Tom Sunderland, penemu ponsel tersebut, seperti dilansir dari BBC.

Sunderland mengatakan, ponsel tersebut dirancang agar penyandang tunanetra bisa berkomunikasi secara instan ke sesamanya maupun ke rekan-rekan dan anggota keluarga mereka. Fitur tersebut hanya mencakup pengiriman pesan serta menerima dan melakukan panggilan telepon saja.

Ponsel ini dipersonalisasikan dengan dua atau empat tombol Braille yang diprogram khusus dapat menelepon teman-teman, keluarga, dan pengasuh atau layanan darurat yang tersedia“, ujar Sunderland.

Ide ponsel Braille sendiri bukan orisinil dari OweFone. Tahun lalu, Kriyate, startup asal India jadi yang pertama berhasil membangun prototipe ponsel serupa. Sayangnya, ponsel buatan Kriyate itu tidak sampai hadir ke tangan konsumen alias dijual. Maka dari itu, pihak OweFone berani mengklaim menjadi perusahaan pertama di dunia yang menjual ponsel Braille.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES