in: Storage Devices | May 1, 2014 | by: Friska Suryawinata

Review Apacer AH173 Mobile Flash Drive: USB OTG Berdesain Elegan

DSCF8900

Perangkat storage seperti flash drive sudah menjadi sebuah kebutuhan yang cukup umum serta sering digunakan terutama mereka sebagai pengguna perangkat komputer. Flash drive dianggap sebagai salah satu penyedia storage yang memiliki tingkat mobilitas tinggi karena ukurannya yang kecil nan berkapasitas relatif cukup untuk menunjang kebutuhan dasar pengguna komputer.

Namun tentu saja, seiring perkembangan teknologi perangkat mobile saat ini, maka berbagai produsen produk storage mulai berinovasi untuk membuat flash drive yang bisa digunakan kepada perangkat mobile-nya seperti smartphone atau tablet. Karena umumnya smartphone atau tablet hanya memiliki slot microSD dan bukan USB seperti yang terdapat pada perangkat komputer dekstop atau laptop. Untuk itu, kehadiran teknologi USB OTG (On-The-Go) yang memberikan kemampuan flash drive untuk dapat digunakan di perangkat mobile seperti smartphone atau tablet tentunya disambut hangat oleh para pengguna perangkat mobile.

Apacer merupakan salah satu produsen storage yang menyediakan varian produk USB OTG tersebut. Kali ini, salah satu produk USB OTG yang hadir di meja pengujian JagatReview adalah Apacer AH173 Mobile Flash Drive yang berkapasitas 8 GB. Flash drive Apacer ini sendiri memiliki tiga varian kapasitas, yaitu 8 GB, 16 GB dan 32 GB.

DSCF8874

Desain yang dimiliki oleh Apacer AH173 Mobile Flash Drive ini terlihat cukup elegan dengan bodi yang berbalut bahan zinc alloy serta berukuran kecil. Produk USB OTG ini memiliki interface ganda, yaitu untuk USB dan micro USB. Untuk bagian sisi micro USB terdapat penutup plastik untuk memberikan perlindungan pada bagian tersebut.

Flash drive ini memiliki kompatibilitas terhadap berbagai OS Windows yang tersedia di pasaran mulai dari Windows XP hingga Windows 8, serta Mac OS10.4 ke atas, serta Linux 2.6.33 ke atas. sSedangkan untuk perangkat mobile Apacer AH173 Mobile Flash Drive  kompatibel dengan OS Android 4.1 ke atas yang umum digunakan di pasar smartphone dan tablet saat ini.

Sebelum masuk ke dalam pengujian, mari kita simak terlebih dahulu seperti apa platform pengujian yang kami gunakan serta paket penjualan yang ditawarkan oleh Apacer AH173 Mobile Flash Drive sebagai berikut ini.

Platform Pengujian

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB

kingston-8go-1600mhz-ddr3-hyperx-blu-cl91

 

  • Storage: Kingston HyperX 3K SSD

kingston-hyperx-3k

 

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

Corsair-CX500

 

  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit

Paket Penjualan

Paket penjualan yang ditawarkan oleh Apacer AH173 Mobile Flash Drive ini sangat sederhana, hanya berisi flash drive yang disertai dengan gantungan USB.

DSCF8855
Box penjualan (tampak depan)
DSCF8868
Box penjualan (tampak belakang)
DSCF8869
Isi paket penjualan
DSCF8881
bagian micro USB
DSCF8921
Flash drive ketika dihubungkan ke smartphone
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES