in: Storage Devices | May 10, 2014 | by: Friska Suryawinata

Review Apacer AH174 Mobile Flash Drive: USB OTG dengan Desain Bertema Bola

Pengujian

Pengujian menggunakan CrystalDisk Mark dan tes transfer file berukuran 3GB yang juga dibandingkan dengan performa sebuah flash drive lain dengan interface USB 2.0. Simak hasil pengujiannya sebagai berikut:

CrystalDisk Mark

Slide1 Slide2

Hasil pengujian menggunakan CrystalDisk Mark menunjukkan bahwa performa yang dimiliki oleh Apacer AH174 Mobile Flash Drive ini memiliki performa yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan performa flash disk dengan interface USB 2.0 sebagai pembandingnya. Apacer AH174 Mobile Drive memiliki kecepatan baca (read) 34,82 MB/s sedangkan kecepatan tulis (write) hingga 10,97 MB/s.

Tes Transfer File 3GB

Slide3

Hasil pengujian transfer file sebesar 3GB pada Apacer AH174 Mobile Flash Drive menunjukkan bahwa flash disk ini berhasil menunjukkan performa yang baik. Walau perbedaannya tidak terlihat signifikan, akan tetapi performa dari Apacer AH174 Mobile Flash Drive sebagai flash disk USB 2.0 dapat dikatakan memiliki kecepatan dan performa yang tergolong lebih baik dari flash disk berinterface USB 2.0 lainnya.

Kesimpulan

Sebagai flash disk yang memiliki desain unik, Apacer AH174 Mobile Flash Drive ini memiliki performa yang tidak mengecewakan. Walau masih mengusung interface USB 2.0, kecepatan yang ditawarkan dari flash disk berdesain bola ini tergolong lebih cepat dibandingkan dengan performa flash disk berinterface USB 2.0 lainnya. Pengguna masih harus menunggu ketika data ditransfer, akan tetapi fungsi utama dari flash disk ini adalah untuk digunakan sebagai storage tambahan untuk perangkat smartphone dan tablet. Sehingga dari segi kecepatan, flash disk ini sudah mumpuni untuk digunakan baik untuk perangkat komputer biasa maupun perangkat mobile.

Desainnya yang disengaja dalam rangka untuk menyambut FIFA 2014 mendatang ini pun akan cocok bagi mereka yang menginginkan sebuah flash disk yang bertema bola, walau ada kemungkinan tidak semua orang akan menyukai desain flash disk sejenis ini. Hal yang juga sedikit disayangkan karena desain tersebut adalah flash disk ini akan lebih memakan tempat ketimbang desain flash disk yang umum. Selain itu, adapter USB 2.0 terpisah dari flash disk utamanya, sehingga akan terdapat kemungkinan adapter ini hilang atau lepas ketika pengguna tak berhati-hati. Walau begitu, flash disk Apacer AH174 Mobile Flash Drive ini cukup layak untuk dimiliki sebagai alternatif flash disk terutama mereka yang membutuhkan flash disk dengan fungsi OTG.

DSCF8938

Kelebihan:

  • Desain bertema bola yang cocok untuk penggemar bola
  • Kecepatan transfer tergolong cepat untuk interface USB 2.0
  • Pilihan kapasitas hingga 32GB

Kekurangan:

  • Desain sejenis ini cenderung akan memakan tempat dibanding flash disk pada umumnya
  • Adapter USB 2.0 terpisah dari flash disk utama

Data Teknis

Produsen Apacer
Info http://www.Apacer.com/
Harga
Distributor PT. Eternal Asia Indonesia
Telepon
Dimensi 35.2 x 33.2 x 10.5 mm
Kapasitas 8 GB, 16 GB, 32 GB
Interface USB 2.0, microUSB
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES