in: Gadget | May 16, 2014 | by: Yossie Dwi P

Review ASUS ZenFone 5: Smartphone Android Intel Murah dengan Performa Tinggi

Zenfone 5

Persaingan smartphone Android murah semakin panas. Beberapa vendor ternama belakangan menggarap ranah ini secara lebih serius mengingat potensi pasarnya sangat menjanjikan. Satu nama besar asal Taiwan baru-baru ini meluncurkan tiga seri smartphone terbarunya yang mungkin bisa membuat produsen lainnya ketar-ketir.

Yap, mereka adalah ASUS dengan ZenFone 4, ZenFone 5, dan ZenFone 6-nya. Keunggulan dari ketiga perangkat tersebut tentunya adalah harga yang murah. Meski begitu, spesifikasi yang ditawarkan tergolong sangat mumpuni. Inilah yang membuat ketiganya, khususnya ZenFone 5, menjadi barang yang paling dicari oleh para pengguna di Indonesia.

Satu anggota keluarga ZenFone yang mampir ke meja pengujian JagatReview kali ini adalah ZenFone 5. Bisa dibilang, dari tiga bersaudara tersebut ZenFone 5 adalah yang paling menarik perhatian. Bagaimana tidak, dengan banderol harga ‘hanya’ Rp 2.099.000 pengguna ditawarkan tidak hanya hardware papan atas tetapi juga desain yang menawan. Sayang, kabarnya stok ZenFone 5 di pasar lokal sudah habis dan ASUS baru bisa memasok ulang di akhir Mei 2014. Itu pun hanya cukup untuk memenuhi kuota dari pengguna yang sudah melakukan pre-order.

ZenFone 5 dibekali layar 5 inci yang mendominasi bagian depan ditemani logo ASUS di bagian atas dan tiga buah softkey di bawahnya. Versi yang datang ke JagatReview adalah yang menggunakan back cover berwarna putih. Tapi perlu diingat warna putih pastinya mudah kotor. Selain putih, tersedia pula warna hitam, merah, dan ungu.

Zenfone 5 (2)

Body dari ZenFone 5 terbilang cukup tipis dan ringan serta memiliki sudut-sudut yang dinamis. Lengkungan di bagian belakangnya membuat smartphone ini terasa nyaman di genggaman tangan. Perlu diketahui bahwa ZenFone 5 memakai desain unibody sehingga tak memungkinkan pengguna untuk melepas dan mengganti baterai dengan mudah.

CPU Z ZenFone 5

SS ZenFone 5 sensor

Beralih ke hardware di dalamnya, ASUS membenamkan SoC Intel Atom Z2560 dengan prosesor dual-core berkecepatan 1.6GHz dan GPU PowerVR SGX544MP2. Selain itu, Anda juga akan menemukan RAM 1GB dan memori internal 8GB lengkap dengan slot microSD. Baterai yang ditanamkan sebesar 2110mAh. Soal sistem operasi, ASUS mempercayakannya kepada Android 4.3 Jelly Bean yang telah dibumbui ZenUI garapan mereka sendiri. Sebelum membahas lebih lanjut seperti apa performa dari smartphone Dual-SIM ini, kita lihat dulu paket penjualannya.

Paket Penjualan

Paket penjualan dari ZenFone 5 memang minimalis. Anda tidak akan menemukan earphone bawaan dari ASUS.

Untitled-1

Box penjualan dari ZenFone 5

Paket Penjualan Zenfone 5

Charger dan kabel data

Paket Penjualan Zenfone 5 2

Panduan penggunaan dan kartu garansi

Sistem Operasi: Android 4.3 Jelly Bean + ZenUI

SS ZenFone 5 (13)

Berbekal Android 4.3 Jelly Bean dan ZenUI, tampilan dari ZenFone 5 terlihat cukup menarik. Secara fungsi memang tak terlihat perbedaan berarti dibanding UI yang ditawarkan oleh kebanyakan smartphone Android lainnya. Pengguna masih akan menemukan Home Screen dengan widget, shortcut, dan wallpaper yang bisa dimodifikasi.

App Drawer pun masih tersedia dimana pengguna bisa memilih 3 kategori untuk menampilkan icon aplikasi, yaitu All, Downloaded, dan Frequent. Dalam kondisi layar terkunci, di Lock Screen Anda bisa langsung mengakses kamera, phone, dan pesan.

SS ZenFone 5 (5) SS ZenFone 5 (6) SS ZenFone 5 (8)

SS ZenFone 5 (9) SS ZenFone 5 (7) SS ZenFone 5 (1)

SS ZenFone 5 (10) SS ZenFone 5 (11) SS ZenFone 5 (19)

SS ZenFone 5 (20) SS ZenFone 5 (21) SS ZenFone 5 (12)

Seperti pada ZenFone 6 yang telah kami review sebelumnya, ZenFone 5 juga dilengkapi feature Easy Mode maupun Reading Mode. Dengan feature Easy Mode, user interface nampak lebih minimalis dan mudah digunakan dengan icon yang berukuran besar. Bagi Anda yang merasa kesulitan melakukan berbagai kegiatan di layar 5 inci, sayangnya ZenFone 5 tak dilengkapi feature One Hand Mode seperti yang ada di ZenFone 6.

SS ZenFone 5 (15) SS ZenFone 5 (16) SS ZenFone 5 (17)

Meski belum memakai Android versi terbaru, Anda tak perlu khawatir karena ASUS telah menjanjikan update sistem operasi ke Android 4.4 KitKat. Namun hingga saat ini belum ada kepastian kapan update tersebut akan terjadi. Kita tunggu saja.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES