in: Gadget | May 16, 2014 | by: Yossie Dwi P

Review ASUS ZenFone 5: Smartphone Android Intel Murah dengan Performa Tinggi

Layar

SS ZenFone 5 (4)

Satu hal yang sangat menarik dari ZenFone 5 adalah keberadaan layar IPS capasitive touchscreen berukuran 5 inci. Dengan banderol yang terbilang murah, cukup mengejutkan melihat ASUS menghadirkan resolusi HD 720×1280 dan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Layar ini sangat responsif dan mampu menampilkan gambar dengan tajam dan keluaran warna yang natural.

ASUS juga melengkapinya dengan feature Glove Mode untuk memudahkan pengguna yang memakai sarung tangan. Selain itu, ada pula Reading Mode yang cocok diaktifkan saat sedang membaca atau sekadar browsing. Secara keseluruhan, dengan ukuran besar dan tampilan yang baik, layar pada ZenFone 5 mampu memfasilitasi segala kebutuhan dasar dan hiburan Anda.

Kamera

SS Kamera ZenFone 5 (2)

Kehadiran sebuah kamera pada smartphone memang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan pengguna. Apalagi jika kamera yang tersedia punya kualitas cukup baik sehingga pengguna tak perlu repot membawa kamera saku saat bepergian. Untuk memfasilitasi hal itu, ASUS menyediakan kamera utama 8 megapixel aperture f/2.0 di belakang dan kamera 2 megapixel di depan.

SS Kamera ZenFone 5 (3) SS Kamera ZenFone 5 (4)

SS Kamera ZenFone 5 (5) SS Kamera ZenFone 5 (6)

SS Kamera ZenFone 5 (7) SS Kamera ZenFone 5 (9)

Kamera Utama: 8 Megapixel

ASUS menekankan teknologi PixelMaster yang mereka benamkan di kamera ZenFone 5. Menurut pihak perusahaan, PixelMaster mengkombinasikan software dan hardware secara maksimal sehingga mampu menghasilkan gambar yang baik. Berbeda dengan ZenFone 6, di ZenFone 5 ASUS menggunakan sensor Exmor BSI milik Sony. Mode low light pun yang mampu menangkap gambar dengan baik di kondisi minim cahaya kembali dikedepankan bersama dengan berbagai feature fotografi lainnya. Berikut adalah hasil jepretan dari kamera ini.

Jpeg

Jpeg

Hasil kamera belakang terlihat cukup baik meski tidak spesial.

– 

Low Light Mode

Jpeg
Auto
Jpeg
Low Light Mode

Sesuai yang dijanjikan, ternyata feature ini sangat membantu jika Anda ingin memotret dalam ruangan yang gelap. Terlihat Low Light Mode mampu membuat pemotretan di kondisi minim cahaya terlihat jauh lebih baik dibanding mode Auto. Wajib dicatat dalam Low Light Mode resolusi yang bisa digunakan turun menjadi 2 megapixel.

Kamera Depan: 2 Megapixel

Jpeg

Jpeg

Hasil kamera depan terbilang masih bisa diterima saat pemotretan outdoor. Sayangnya, di indoor hasilnya kurang bagus.

Kemampuan Multimedia

SS ZenFone 5 (22)

Seperti pada mayoritas smartphone Android, ASUS pun tidak lupa menyediakan beragam fitur multimedia di ZenFone 5. Smartphone ini sudah dapat memutar file-file video dengan format MP4, H.264, dan H.263. Sedangkan untuk urusan audio, ZenFone 5 mendukung format MP3, WAV, dan eAAC+.

SS Multimedia Zenfone 5 (2) SS Multimedia Zenfone 5 (3) SS ZenFone 5 (23)

Slot dan Tombol

Slot dan Tombol Zenfone 5
Di sebelah kanan terdapat tombol power sekaligus lock/unlock dan tombol pengaturan volume
Slot dan Tombol Zenfone 5 (2)
Di atas ada slot audio jack 3.5mm
Slot dan Tombol Zenfone 5 (3)
Di bawah terdapat slot microUSB
Slot dan Tombol Zenfone 5 (4)
Back cover dibuka Anda akan menemukan slot Dual-SIM
Slot dan Tombol Zenfone 5 (5)
Ada pula slot microSD

Daya Tahan Baterai

SS ZenFone 5 (24)

ASUS ZenFone 5 dibekali baterai berkekuatan 2110mAh plus dukungan feature Power Saver untuk memperpanjang nafas baterai. Mungkin sebagian besar dari Anda menduga bahwa baterai ini akan menjadi masalah ke depannya mengingat kapasitasnya yang kurang besar namun harus memasok daya untuk hardware canggih. Kami pun mencoba melakukan pengujian dengan memutar file video yang kami loop hingga baterai ini habis (tanpa mengaktifkan Power Saver) untuk memastikan apakah baterai ini mampu mencukupi kebutuhan pengguna.

Hasilnya, baterai 2110mAh mampu membuat ZenFone 5 menyala selama 5 jam 46 menit. Dalam penggunaan sehari-hari dimana kami melakukan berbagai aktivitas standar seperti menelepon, messaging, browsing, dan sesekali memotret, ZenFone 5 mampu bertahan selama sekitar 13-15 jam dengan bantuan Power Saver.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES