in: Gadget | May 16, 2014 | by: Yossie Dwi P

Review ASUS ZenFone 5: Smartphone Android Intel Murah dengan Performa Tinggi

Kesimpulan

Sebagai smartphone yang dibanderol dengan harga sangat kompetitif, ASUS mampu mengemas ZenFone 5 menjadi sebuah produk yang sangat layak mencadi incaran banyak pengguna. ZenFone 5 tampil sangat baik dengan tidak hanya menawarkan hardware yang bisa diandalkan, tetapi juga wujud yang menawan. Tak banyak produsen yang mampu menghadirkan kombinasi seperti ini. Tentunya, kehadiran ZenFone 5 patut membuat nama besar lainnya, termasuk vendor lokal, menjadi tidak tenang dan harus segera menggarap jagoan mereka untuk menyaingi ASUS.

Sekilas, ZenFone 5 tak nampak seperti smartphone dua jutaan. Perangkat ini terlihat menarik dengan body yang tipis dan terasa ringan serta nyaman saat digenggam. Layar IPS dengan resolusi tajam di bagian depan dan sedikit sentuhan metal di bawahnya semakin membuat penampilan dari ZenFone 5 lebih premium. Hanya saja, satu hal yang mungkin kurang disukai oleh sebagian pengguna adalah konsep unibody yang membuat baterai tertutup rapat dan sulit untuk diganti sendiri. Selain itu, 3 buah softkey di bawah layar ternyata tidak dilengkapi backlight. Ini akan membuat pengguna kesulitan saat  berada di tempat gelap.

Performa ZenFone 5 pun layak mendapat acungan jempol. Berbekal SoC Intel dan hardware pendukung lainnya, ASUS mampu mengoptimalkan kinerja ZenFone 5 sehingga terasa sangat mulus. Hasilnya, sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean bersama dengan ZenUI pun berjalan dengan maksimal tanpa mengalami kendala berarti saat melakukan kegiatan apapun. Feature kamera yang dikedepankan oleh ASUS pun tidak mengecewakan khususnya saat pengguna membutuhkan low light mode di kondisi minim cahaya.

Kesimpulan akhirnya, ZenFone 5 adalah sebuah smartphone yang komplit. Apa yang ditawarkannya mampu membuat ZenFone 5 menjadi pilihan terbaik di range harga Rp 2 jutaan. Anda yang membutuhkan smartphone Android berlayar besar dengan desain premium dan performa mumpuni namun terkendala dana yang terbatas layak memposisikan ZenFone 5 sebagai target belanja utama. Walaupun demikian, Anda yang kurang menyukai smartphone berukuran besar mungkin akan berpikir dua kali sebelum memutuskan membeli ZenFone 5.

Kelebihan:

+ Harga sangat kompetitif

+ Layar IPS 5 inci 720×1280

+ Responsif

+ Kamera dilengkapi low light mode

+ Performa bagus

+ Dual-SIM

Kekurangan:

– Softkey tanpa backlight

– Desain unibody membuat baterai sulit diganti

– Tidak ada earphone di paket penjualan

Data Teknis

Prosesor, GPU, dan Memori Intel Atom Z2560 dual-core (4-thread) 1.6 GHz dan GPU PowerVR SGX 544MP2 / RAM 1GB
Format Video MP4, H.263, dan H.264
Format Audio MP3, WAV, AC3, dan eAAC+
Format  Gambar JPG, BMP, PNG
Layar IPS Capasitive Touchscreen 5 inci 720×1280
Kamera Utama / Depan 8 megapixel / 2 megapixel
Interface MicroUSB
Koneksi nirkabel Wi-Fi (802.11 b/g/n), Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0 with A2DP, EDR
Dimensi dan Bobot 148.2 x 72.8 x 5.5-10.3 mm / 145 gram
Daya Tahan Baterai 346 menit (video playback)
Produsen ASUS
Website http://www.ASUS.com
Harga Rp. 2.099.000
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES