in: Gadget | May 24, 2014 | by: Yossie Dwi P

Review Smartphone Android Acer Liquid E3: Sang Penerus dengan Layar 720p dan Kamera 13MP

Acer Liquid E3

Acer memang bukan pemain baru di ranah perangkat Android. Baik smartphone maupun tablet garapan mereka telah banyak beredar di pasaran, termasuk Indonesia. Baru-baru ini, produsen asal Taiwan itu meluncurkan Liquid E3 yang tak lain merupakan penerus Liquid E2 untuk pasar Tanah Air.

Kini, smartphone yang pada peluncurannya menonjolkan feature kamera ini telah hadir di meja pengujian JagatReview. Sekilas, terlihat perbedaan yang cukup berarti dari segi desain. Di bagian belakang, Acer tak lagi membenamkan dua buah speaker stereo yang sebelumnya ada di Liquid E2.

Acer Liquid E3 (2)

Acer Liquid E3 didominasi material plastik. Mengusung desain unibody, build quality dari smartphone ini terlihat cukup menawan. Meski begitu, tentunya desain unibody justru menyulitkan pengguna untuk melepas dan mengganti baterai.

Di bagian depan, Anda akan melihat layar berukuran 4,7 inci yang ditemani tiga buah softkey di bawahnya, serta logo Acer dan kamera depan di atas. Yang menarik, di bagian belakang Acer menempatkan tombol AcerRAPID yang bisa diatur untuk akses cepat ke aplikasi tertentu. Tombol ini terasa sangat berguna jika Anda memiliki satu aplikasi favorit yang sering digunakan. Dengan AcerRAPID, cukup sekali tekan Anda akan langsung masuk ke aplikasi tersebut.

CPUZ Liquid E3

 

Sensor Acer Liquid E3

Satu hal yang wajib digarisbawahi, di smartphone dual-SIM (GSM-GSM) ini ternyata Acer tetap menggunakan SoC yang sama dengan Liquid E2. MediaTek MT6589 dengan prosesor quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1.2GHz dan GPU PowerVR SGX544 masih menjadi andalan untuk urusan performa. Akan tetapi, terjadi peningkatan dimana Acer kini membenamkan RAM 2GB dan memori internal 16GB lengkap dengan slot microSD. Soal sistem operasi, Acer menggunakan Android 4.2.2 Jelly Bean.

Sistem Operasi Android 4.2.2 Jelly Bean

SS OS Acer Liquid E3 (10)

Tak terlihat modifikasi user interface yang mencolok di Liquid E3. Seperti pada smartphone dengan Android Jelly Bean lainnya, Anda akan menemukan beberapa pengaturan widget maupun shortcut yang bisa didekorasi sesuai keinginan di layar Home. Update? Acer telah memastikan smartphone ini akan mendapatkan Android 4.4 KitKat dalam waktu dekat.

SS OS Acer Liquid E3 (17) SS OS Acer Liquid E3 (18) SS OS Acer Liquid E3 (19)

SS OS Acer Liquid E3 (14) SS OS Acer Liquid E3 (15) SS OS Acer Liquid E3 (16)

SS OS Acer Liquid E3 (3) SS OS Acer Liquid E3 (11) SS OS Acer Liquid E3 (12)

Satu fitur menarik yang dibenamkan oleh Acer adalah Livescreen yang berfungsi untuk berbagi catatan, gambar, foto, dan lokasi lewat Google Maps langsung dengan seseorang bahkan ketika sedang melakukan panggilan telepon. Ada pula Acer SnapNote untuk mengambil foto presentasi lalu bisa dikonversi menjadi format PDF atau PPT, serta AcerFloat untuk memudahkan multitasking. Acer juga menyediakan Easy Mode yang terdiri dari Basic Mode, Senior Mode, Keypad Mode, Classic Mode, dan Default Mode. Dengan mengaktifkan salah satunya, tampil UI akan berubah menjadi lebih minimalis.

SS OS Acer Liquid E3 (5)
Livescreen
SS OS Acer Liquid E3 (7)
Pilihan Easy Mode
SS OS Acer Liquid E3 (8)
Keypad Mode
SS OS Acer Liquid E3 (9)
Classic Mode 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES