in: News | May 3, 2014 | by: Ozal

Samsung dan Apple Akui Ada Produknya yang Cacat

Dua vendor penguasa pasar smartphone saat ini, Apple dan Samsung, sedang ketiban sial dalam waktu yang bersamaan. Masing-masing smartphone andalan dari kedua vendor tersebut dilaporkan telah mengalami cacat produk. Keduanya pun telah memperingatkan konsumen terkait masalah itu dan akan bertanggung jawab.

cacat

Beberapa hari yang lalu, Apple sudah mulai menawarkan pergantian iPhone 5 yang mengalami sebuah cacat produksi sejak 28 April di Amerika Serikat dan mulai 2 Mei di seluruh dunia. Tombol sleep/week pada smartphone Apple yang diluncurkan dua tahun lalu itu diketahui mengalami kerusakan manufaktur.

Apple menduga-duga, masalah tombol yang begitu signifikan ini terjadi untuk perangkat iPhone 5 yang diproduksi sebelum Mei 2013. Namun, smartphone tersebut sudah terlanjur masuk ke pasar dan dibeli sejumlah pengguna. Apple mengklaim, masalah ini hanya “persentase kecil” yang ada di pasar. Apple pun akan mengganti mekanisme tombol ini, tanpa dipungut biaya, meski klaim garansinya sudah habis.

cacat

Sementara itu Samsung memperingatkan, sejumlah smartphone Galaxy S5 yang ada di pasar memiliki kamera yang tidak bisa berfungsi saat digunakan. Padahal, pihaknya belum sebulan setelah meluncurkan flagship Galaxy S5. Meski demikian, Samsung turut mengklaim, jumlahnya “sangat terbatas” yang mengalami masalah itu.

“Kami telah menemukan masalah di sejumlah kecil produksi awal unit Galaxy S5 yang disebabkan pada komponen Read Only Memory yang menyimpan informasi untuk menjalankan fitur kamera,” kata Samsung, seperti dikutip dari BBC.

Konsumen yang sudah terlanjur membeli Galaxy S5 dan mengalami masalah kamera tersebut, bisa langsung menghubungi layanan service center Samsung. Pihaknya menjanjikan perangkat pengganti, tanpa dikenakan biaya apapun.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES