in: News | May 16, 2014 | by: Ozal

Samsung Jadi Pemasok Utama Retina Display di iPad

Tahu kah Anda, layar Retina Display pada perangkat sejumlah perangkat iPad sebagian besar merupakan buatan Samsung? Itu vendor yang hingga kini masih menjadi rival terberat Apple, baik di pasar smartphone maupun di pengadilan paten. Fakta yang tak bisa terelakan terjadi di antara keduanya di balik layar bisnis.

Kiri: iPad Air, Kanan: iPad 4
Kiri: iPad Air, Kanan: iPad 4

Menurut sebuah laporan riset pasar teknologi layar terkemuka, DisplaySearch, Samsung kini menjadi pemasok terbesar untuk panel layar di perangkat iPad selama kuartal pertama tahun ini. Samsung mengirimkan 5,2 juta unit panel layar seluas 9,7 inci dengan resolusi 2.048 x 1.536 pixel ke Apple. Panel yang diproduksi Samsung tersebut digunakan untuk iPad Air dan iPad generasi keempat yang menggunakan teknologi Retina Display.

Kini, Samsung Electronics melalui unit usahanya Samsung Display menguasai 62 persen dari total pasokan layar untuk iPad dibanding pemasok lainnya. Sementara LG Display berada di posisi kedua dengan mewakili pangsa 38 persen saja atau 3,2 juta unit panel layar. Padahal kuartal keempat tahun lalu, LG masih menguasai 61 persen pasokan.

Samsung menjadi pemasok utama layar iPad pun sudah diumumkan Apple pada Agustus tahun lalu. Apple memandang, Samsung memiliki teknologi dan inovasi paling maju dalam hal kualitas layar. Selain itu, pihaknya juga mampu menyediakan pasokan dalam jumlah banyak dengan waktu yang lebih singkat.

Samsung pun bukan hanya mengusai pasokan manufaktur di perangkat iPad saja. Pembuat smartphone seri Galaxy itu juga diketahui menjadi pemasok utama untuk memproduksi chip A-series buatan Apple, termasuk chip terbaru yang nantinya bakal disematkan di iPhone 6, yakni A8.

Sumber CNET

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES