in: Otomotif - Popular Science | May 15, 2014 | by: Ozal

Volvo Mulai Uji Coba Mobil Otomatisnya

Salah satu pabrikan otomotif mewah terkemuka, Volvo, tampaknya sudah siap masuk ke dalam persaingan mobil otomatis yang mampu mengendarai dirinya sendiri atau self-driving car. Pihaknya dilaporkan sudah mulai menguji mobil otomatis tersebut.

volvo

Mobil otomatis yang tengah dikembangkannya itu mampu mengendalikan roda kemudi, akselerasi, dan pengereman. Volvo menyebut proyek ambisius ini dengan nama Drive Me. Volvo berharap, pada 2017 mendatang sudah ada 100 mobil otomatis yang bisa dipasarkan secara terbatas.

Saat ini, Volvo sudah memiliki prototipe dari Drive Me. Pihaknya menguji mobil tersebut di sejumlah jalan di Guthenburg, Swedia. Salah satu kelebihan yang bisa mereka tawarkan, klaim Volvo, uji coba perdana ini dilakukan di sejumlah jalan yang ramai dilintasi kendaraan. Kota Guthenburg sendiri memiliki populasi lebih dari 500.000 jiwa.

Kendaraan tersebut menggunakan radar, kamera, dan teknologi laser guna memantau situasi lingkungan sekitarnya. Mobil juga dilengkapi layanan peta navigasi pribadi berbasis cloud yang selalu update memberi data terbaru ke sistem komputernya.

volvo 2

Saat ini, pengujian Drive Me masih membutuhkan sopir untuk duduk di kursi pengemudi. Namun, sopir tersebut hanya bertugas mengawasi kinerja mobil saja karena alasan keamanan uji coba. Cara pengujian seperti ini sama halnya yang juga dilakukan Google pada proyek Google Self Driving-nya.

“Tujuan kami sebenarnya adalah bahwa dalam produk final nanti, sopir benar-benar dapat melepaskan kemudi tanpa harus mengawasinya. Sehingga, Ia dapat melakukan sesuatu yang lain dengan waktu yang mereka punya,” kata teknisi ahli Volvo, Erik Coelingh, seperti dikutip dari Computer World.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES